Tau Gak Kalau Rokok Bisa Bikin Susah Tidur

rokok-bisa-bikin-susah-tidur

Masyarakat kita sudah menikmati rokok sejak dahulu. Tidak perduli apa profesi mereka, mulai dari orang kaya sampai orang yang kurang berada, banyak sekali yang suka merokok.

Walaupun negara sudah membebani pajak tinggi pada komoditi ini, rokok sepertinya tidak akan pernah hilang. Bahkan saat para pecandu rokok tahu resiko yang akan mereka hadapi jika terus merokok, mereka seolah tidak perduli dan tetap terus merokok.

Artikel lain: Manfaat buah apel untuk kesehatan

Karena itu, tim Sok Tau ingin kembali mengingatkan pada kita apa saja sisi negatif dari merokok. Selain akan menyebabkan penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan impotensi, ternyata rokok juga sangat berpengaruh pada pole tidur seseorang.

Dilansir dari antaranews, merokok bisa membuat jam biologis pada paru-paru dan otak menjadi terhalang dan terganggu, sehingga membuat sulit tidur. Ini kemudian akan menyebabkan kemampuan kognitif menurun, menimbulkan kecemasan, dan depresi.

Seorang dokter dari pusat kesehatan Universitas Rochestere, Dr Irgan Rahman, mengatakan bahwa merokok akan mempengaruhi fungsi neurofisiologis seseorang dan berpengaruh buruk pada paru-paru. Selain itu, merokok juga akan mengakibatkan penurunan aktivitas otak jika orang tersebut merokok terus menerus.

1. Merokok jangka pendek

Merokok jangka pendek juga bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Beberapa masalah akibat merokok jangka pendek adalah menurunkan molekul Sirtuin1. Menurunnya molekul tersebut bisa mengubah tingkat protein dan jam biologis.

2. Perokok pasif

Perokok pasif (tidak sengaja menghirup asap rokok) juga punya efek buruk. Hal ini terbukti dari percobaan yang dilakukan pada tikus. Tikus yang hidup di ruangan yang terkena asap rokok, metabolisme dan jam biologisnya akan terhambat. Hal ini juga terjadi pada manusia, para perokok pasif punya keluhan sulit tidur dan sering merasa kurang fit.

Demikianlah penjelasan singkat tentang kegiatan merokok yang bisa bikin susah tidur. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Rokok Bisa Bikin Susah Tidur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 16, 2014