Tau Gak Kalau Sayur Bayam Dipanaskan Tidak Baik Bagi Kesehatan

memanaskan-sayur-bayam-itu-berbahaya-bagi-kesehatan

Salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan disukai oleh masyarakat Indonesia adalah sayur bayam. Bayam hijau dan bayam mera termasuk dalam keluarga Amaranthaceae yang kaya dengan vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, zat besi, zinc, dan kalium.

Bayam dapat dikonsumsi oleh semua kategori usia dan memiliki khasiat untuk melancarkan ASI, mengatasi kurang darah, menguatkan fungsi hati, membantu menurunkan demam, dan dapat membantu mengatasi masalah ginjal.

Artikel lain: Bahan makanan yang mudah basi

Memang sayur bayam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan kita, tapi sayur bayam bisa juga memberikan efek buruk bagi kesehatan bila diolah dengan cara yang salah. Sayur bayam jika sudah lebih dari 12 jam maka sayur ini tidak boleh lagi dimakan karena justru akan mengandung racun.

Sayuran bayam mengandung nitrat yang sangat tinggi. Besarnya kandungan nitrat ini tergantung jenis tanah tempat bayam tumbuh. Semakin besar nitrat yang terkandung dalam bayam, maka akan semakin berbahaya.

Nitrat bisa mengalami perubahan menjadi asam nitrat, yaitu cairan korosif yang tidak berwarna. Zat ini adalah asam yang mengandung racun yang dapat menimbulkan luka bakar. Nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosiamin, yaitu zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker dalam tubuh.

Pemanasan suhu dapat membuat terjadinya perubahan bahan kimia yang terjadi pada sayur bayam ketika dipanaskan. Jika kita mengkonsumsi sayur bayam yang dipanaskan, ini akan mempengaruhi kemampuan darah dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh kita. Bisa mengakibatkan berhentinya darah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi ini pada bayi disebut dengan blue baby syndrome.

Tips memasak dan mengonsumsi bayam

  • Bersihkan sayur bayam sebelum diolah untuk menghindari efek bahaya dari luar, misalnya bakteri.
  • Jangan memasak bayam dalam jumlah yang banyak karena bisa berbahaya bila dipanaskan.
  • Masaklah bayam pada wadah yang terbuat dari stainless steel untuk mengurangi reaksi kimia yang terjadi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang bahaya sayur bayam yang dipanaskan bagi kesehatan kita. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Sayur Bayam Dipanaskan Tidak Baik Bagi Kesehatan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 10, 2013