Tau Gak Kalau Stress Bisa Bikin Wajah Berjerawat

stres-menyebabkan-jerawat

Jerawat sering jadi masalah karena membuat penampilan jadi kurang menarik. Setelah jerawat sembuhpun masih menginggalkan bekas yang terlihat seperti noda di wajah. Beberapa orang percaya bahwa cokelat dan kacang-kacangan dapat menyebabkan jerawat. Anggapan yang salah ini kemudian membuat banyak wanita memusuhi camilan yang enak ini.

Namun, banyak ilmuwan yang tidak setuju dengan hal ini karena mereka yakin bukan makanan lezat itulah yang menimbulkan jerawat di wajah namun ada penyebab lain yang tidak disadari oleh para wanita ini. Lalu timbul pertanyaan, apa dong penyebab timbulnya jerawat itu?

Artikel lain: Cara menghilangkan jerawat dengan alami

Beberapa studi mengatakan bahwa ternyata yang menjadi momok yang sering menyebabkan wajah kamu berjerawat adalah stress. Selain jerawat ada beberapa kerugian lain yang bisa disebabkan oleh pikiran yang stress, antar lain; kuku rapuh, rambut rontok, hingga penyakit di dalam tubuh kita.

Kenapa stress bisa menjadi penyebab jerawat?

Coba kamu perhatikan baik-baik, kapan jerawat sering muncul di kulit kamu? Ketika wanita mengalami menstruasi (PMS), jerawat sering muncul di wajah mereka. Ini karena saat PMS, biasanya wanita akan mengalami perubahan emosi, deg-degan, dan juga stress. Selain menstruasi, ada beberapa event yang sering membuat jerawat muncul, yaitu ketika akan ujian, ketika akan interview, atau ketika janjian ketemu dengan pujaan hati hehehe.

Para peneliti dan ilmuwan juga mengatakan, hubungan jerawat dan stress memang masuk akal. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Sel-sel kulit kita memiliki reseptor atas hormon stress
  • Reseptor di kulit kita akan bereaksi saat terbentuknya sebum
  • Sebum itu adalah substansi atau kumpulan bakteri yang menutupi pori-pori kita, sel kulit yang sudah mati, debu dan kotoran. Nah, ketika sebum membuat pori-pori tersumbat, saat inilah akan terbentuk komedo dan jerawat.
  • Ketika seseorang mengalami stress, sebum dan minyak dalam kulit akan diproduksi lebih banyak oleh tubuh. Ini juga akan membuat jerawat semakin banyak.

Sampai saat ini para ilmuwan ini masih terus melakukan penelitian dan berusaha mencari solusi yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Karena itu, wanita sangat disarankan untuk dapat mengatur stress dan selalu menjaga kebersihan kulit mereka secara rutin untuk mencegah timbulnya jerawat.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang stress yang dapat menimbulkan jerawat di wajah kamu. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Stress Bisa Bikin Wajah Berjerawat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 7, 2013