Tau Gak Kalau Teh Bisa Bikin Kamu Bahagia, Sehat dan Cerdas

teh-bikin-bahagia-sehat-dan-cerdas

Menurut jurnal Clinical Nutrition Amerika yang terbit di bulan Desember nanti, teh merupakan minuman yang sangat disarankan dikonsumsi setiap hari. Menurut jurnal tersebut, teh dapat membantu mengatasi masalah sulit turun berat badan, menyehatkan tulang, membuat mood lebih baik, dan merawat kecantikan kulit kita.

Selain itu itu, jurnal ini juga menyebutkan bahwa mereka yang sering minum kopi sebaiknya mengganti kebiasaan tersebut dengan minum teh karena khasiatnya jauh lebih baik. Informasi ini diperkuat oleh pernyataan Julie Upton, seorang peneliti diet dan media resource Academy of Nutrition of Dietetics.

Artikel lain: Tahu bisa hindarkan tubuh dari kanker

Menurut Julie, seseorang perlu mengkonsumsi 3 – 4 cangkir teh setiap harinya untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuhnya. Wah jadi penasaran ya, sebesar itukah manfaat teh? Berikut ini adalah beberapa manfaat minum teh setiap hari:

1. Meningkatkan produktivitas

Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi teh sebanyak 2 – 3 cangkir teh akan meningkatkan kewaspadaan seseorang selama 90 menit. Dengan begitu, orang tersebut akan lebih fokus, konsentrasi, dan semakin kreatif saat bekerja. Teh mengandung L-theanine dan stumulasi kafein yang diserap oleh otak kita dan membuat otak kita mampu bekerja lebih dari biasanya.

2. Membuat bahagia

Wah ternyata perasaan bahagia bisa juga didapatkan dari minum teh lho. Hal ini karena kandungan L-theanine dalam teh dapat menimbulkan perasaan bahagia dan memicu dopamine dan hormon serotonim di dalam otak kita.

3. Menurunkan berat badan

Mereka yang melakukan program diet yang disertai dengan minum teh hijau biasanya memiliki BMI lebih rendah, lingkar pinggul lebih kecil dan lemak yang seimbang. Polyphenol dalam minuman teh akan membantu meningkatkan oksidasi lemak dan meningkatkan metabolisme basal dan energi dalam tubuh.

4. Menyehatkan tulang

Minuman teh juga bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah masalah osteoporosis. Hal ini karena teh mengandung polyphenol yang mampu meningkatkan produksi massa tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang, terutama pada wanita.

5. Menyehatkan jantung

Teh juga bisa membantu menyehatkan jantung kamu. Contohnya adalah minuman teh hitam yang bisa mempengaruhi kandungan lemak dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh.

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat teh bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Teh Bisa Bikin Kamu Bahagia, Sehat dan Cerdas, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 16, 2013