Tau Gak Kalau Tomat Bisa Bikin Pori-Pori Kulit Lebih Kecil

pori-kulit-kecil-berkat-tomat

Tomat memiliki warna merah yang sangat menggoda. Sayur ini sering digunakan sebagai bahan pembuat saus tomat, salad, bumbu sup, dan lain-lain. Dan ternyata buah sayur tomat ini punya khasiat yang mujarab dalam merawat kulit kita lho.

Tomat mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan dan membuat efek lebih cantik pada kulit mu. Tomat bisa membuat kulit terlihat lebih cerah, bersinar, melindungi dari sinar matahari, mencegah kerutan yang bisa membuat penuaan dini, serta dapat membantu mengontrol ukuran pori-pori di kulit kita.

Artikel lain: Masker kacang hijau untuk memuluskan wajah

Berikut ini adalah langkah mudah dalam memanfaatkan tomat untuk kecantikan kulit.

1. Mengecilkan pori

Kotoran dan minya berlebih yang menutupi pori pada kulit kita bisa menyebabkan pori-pori semakin membesar. Dan jika tidak segera dibersihkan maka lama-kelamaan kotoran tersebut akan membuat pori-pori terus membesar dan membuat penampilan seseorang jadi kurang menarik.

Bersihkan pori-pori kita dari kotran dan minyak berlebih dengan cara menggunakan masker tomat.

Caranya:

  • Haluskan 1 buah tomat merah, lalu ditambah dengan 3 tetes jeruk nipis
  • Oleskan tomat tersebut ke wajah sebagai masker, dan biarkan mengering selama kurang lebih 15 menit
  • Bersihkan masker dengan air hangat, lalu kompres wajah dengan kompres dingin

2. Menyembuhkan jerawat meradang

Jangan pernah memencet jerawat yang sedang meradang karena hanya akan membuatnya semakin parah. Akan lebih baik bila kita memakai masker tomat yang sudah dihaluskan dan ditambahkan bubuk kayu manis.

Diamkan masker tersebut selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Masker ini bisa kamu gunakan sekali seminggu hingga jerawat benar-benar hilang.

3. Menghilangkan komedo

Pori-pori yang besar dan tidak bersih bisa menyebabkan munculnya komedo. Untuk mengatasi masalah komedo, kamu bisa menggunakan cara menguapi wajah dan mengeluarkan komedo dari wajah. Untuk menguapi wajah, gunakan peralatan yang sudah steril.

Setelah dilakukan penguapan, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan masker tomat ke wajah. Jika kamu melakukan ini dengan rutin, maka dapat dipastikan bahwa penampilan kulit mu akan semakin baik dari hari ke hari.

4. Masker agar kulit lebih segar

Melakukan perawatan yang sudah disebutkan di atas pasti akan membuat kulit mu tampak lebih segar dan cantik. Nah untuk tetap menjaganya tetap segar dan kenyal, kamu bisa menggunakan masker mentimun juga. Caranya, parutlah mentimun secukupnya dan aplikasikan ke wajah sehingga akan mendinginkan dan menyegarkan wajah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengecilkan pori-pori dengan menggunakan tomat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kalau Tomat Bisa Bikin Pori-Pori Kulit Lebih Kecil, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 5, 2013