Tau Gak Keindahan Wakatobi, Surga Dunia di Sulawesi

wakatobi-atyoka

Sobat Sok Tau pernah ga mendengar tentang Wakatobi? Wakatobi adalah salah satu obyek wisata di kawasan laut penyelaman yang berlokasi di Sulawesi Tenggara. Sedangkan namanya sendiri (Wakatobi) adalah gabungang dari nama empat pulau, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Wilayah yang luas areanya sekitar 1,39 hektar telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Wakatobi pada tahun 1996. Tempat ini merupakan salah satu konservasi laut yang ada di Indonesia, dimana terdapat banyak sekali aneka ragam hayati dan karang yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Artikel lain: Keindahan Teluk Kiluan di Lampung

Perairan Wakatobi juga merupakan tempat favorit dari ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Setiap bulan-bulan November kawasan perairan ini akan dikunjungi oleh kawanan paus sperma, saat itu perairan di belahan bumi lain sedang membeku. Pada bulan November cenderung lebih hangat dan banyak bahan makanan bagi kawanan paus tersebut.

Selain paus sperma, mahluk laut lainnya yang menjadikan Wakatobi sebagai tempat favorit mereka adalah ikan pari Manta (Manta Ray) yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Ikan pari raksasa ini adalah salah satu jenis ikan yang sangat unik dan hanya terdapat di sekitar perairan tropis.

Pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat indah dan tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Taman Nasional ini dikelilingi oleh pantai dari pulau-pulau karang sepangjan 600 km dan merupakan tempat wisata yang sangat indah. Para pecinta diving, snorlling, dan memancing, sering terlihat di wilayah ini.

Untuk menuju tempat wisata yang sangat indah ini, kamu bisa menempuh perjalanan dengan pesawat dari Jakarta РBali РWakatobi, melalui Kendari atau Bau-Bau. Kamu bisa menggunakan perahu menuju Pulau Kaledupa yang berangkat setiap harinya pada pukul 9 Р11.  Tempat wisata ini juga menyediakan penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Sekian dulu info menarik tentang keindahan Wakatobi di Sulawesi. Semoga artikel dari tim Sok Tau ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

wakatobi-dive-resort-tripadvisor

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Keindahan Wakatobi, Surga Dunia di Sulawesi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 24, 2013