Tau Gak Kenapa AC Bisa Mengeluarkan Udara Dingin

air-conditioner

Halo sobat Sok Tau. Kali ini tim Sok Tau akan membahas tentang Air Conditioner (AC). Tau gak sih kenapa AC bisa mengeluarkan udara dingin? Kalau dulu AC kebanyakan digunakan untuk gedung-gedung tertentu, tapi jaman sekarang, AC sudah banyak sekali digunakan di perumahan. Orang menggunakan AC untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih sejuk atau lebih dingin sesuai dengan yang diinginkan. Tapi kamu tau gak kenapa AC bisa mengeluarkan udara dingin? Baca terus artikel ini untuk mengetahuinya.

Mesin AC memiliki sebuah sistem penguapan yang dapat mengeluarkan udara dingin secara otomatis sesuai dengan yang diinginkan oleh penggunanya. Kamu ingat gak waktu disunitk sama suster di rumah sakit atau puskesmas, sebelum suster menyuntik pasti mengoleskan alkohol terlebih dahulu. Waktu si suster mengoleskan alkohol ke kulit kamu, pasti akan terasa dingin. Nah, dingin yang kamu rasakan terjadi karena alkohol di kulit kamu menguap dan menghilangkan panas tubuh.

Artikel lain: Apa itu klorofil

Kamu pasti pernah belajar di sekolah tentang proses perubahan air menjadi uap. Ketika air berubah menjadi uap, atau biasa kita sebut dengan penguapan, maka panas yang ada di sekitarnya akan ikut hilang. Inilah yang membuat udara terasa dingin. Dan proses ini juga digunakan dalam prinsip AC yang mengeluarkan udara dingin.

Air Conditioner (AC) menggunakan cairan freon sebagai pengganti alkohol, dan kita tahu bahwa freon bisa berubah menjadi gas, seperti yang terjadi pada alkohol. Di dalam sebuah mesin AC terdapat sebuah sistem yang dirancang untuk mengubah cairan Freon menjadi gas yang dapat mendinginkan suhu udara yang panas. Lalu gas itu dikeluarkan dalam bentuk udara dingin. Itulah penjelasan singkat kenap AC bisa mengeluarkan udara dingin.

[youtube id=”_e8lX7UBHEQ” width=”620″ height=”360″]

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa gas freon bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan ozon. Kerusakan pada ozon dapat menumbulkan bencana alam yang sangat parah. Itulah sebabnya saat ini para ilmuwan bekerja keras untuk mengembangkan sebuah alat pendingin baru yang tidak merusak alam.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi singkat kenapa AC bisa mengeluarkan udara dingin. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa AC Bisa Mengeluarkan Udara Dingin, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 1, 2013