Tau Gak Kenapa Air Laut Terlihat Berwarna Biru

laut-biru-karibia

Bagi anda yang pernah naik pesawat dan melintas di atas laut, maka yang akan anda dapati adalah warna biru laut yang sangat indah disertai kilau pantulan cahaya matahari. Namun jika kita nalar, saat kita mengambil air laut, warnanya bening bukan.

Lalu bagaimana kumpulan air laut yang bening tersebut dapat berubah menampilkan warna biru? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga : Tau Ga Kenapa Air Laut Asin

Pada dasarnya yang membuat warna air laut menjadi biru adalah karena terjadinya proses pembiasan optik dari cahaya matahari oleh air laut tersebut. Saat cahaya matahari masuk ke dalam air laut, zat tersuspensi yang ada di dalam air laut bereaksi terhadap cahaya matahari.

Terdapat setidaknya 2 proses optik dalam hal ini yaitu penyerapan (absorption) dan hamburan (scattering). Dalam proses penyerapan, air laut mempunyai kemampuan untuk menyerap warna yang terpancar dari cahaya matahari.

Setiap kedalaman laut mempunyai type penyerapan yang berbeda. Pada tingkat tertentu air laut dapat menyerap warna merah. Semakin dalam lagi, bisa menyerap warna kuning dan juga warna hijau. Dan kenapa air laut terlihat berwarna biru, karena warna biru lah yang paling banyak diserap oleh air laut.

Semakin dalam laut, maka kemampuan menyerap warna birunya akan makin baik, oleh karena itu jika kita amati warna air laut dangkal akan lebih biru muda dibanding warna air laut dalam.

Lalu kenapa hal tersebut tidak terlihat di sungai atau danau, padahal terdapat juga elemen air di dalamnya. Jawabannya adalah karena adanya pengaruh dari tanaman dan endapan yang ada di dasar sungai atau danau. Endapan tersebutlah yang menyebabkan penyerapan cahaya matahari tidak sempurna. Dan akhirnya warna birupun tak tampak.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Air Laut Terlihat Berwarna Biru, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - February 28, 2014