Tau Gak Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang

kenapa-anjing-suka-menggigit-tulang

Kamu pasti pernah melihat seekor anjing yang sedang menggigit tulang, atau setidaknya melihatnya di internet atau media lainnya. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih anjing suka menggigit tulang? Bukan hanya tulang beneran, tulang mainan juga sering digigit oleh anjing yang penting bentuknya seperti tulang-tulang.

Sebuah kelompok peneliti yang dipimpin oleh Dr Joao Munoz-Dorean dari Univeristas Nasional Kolombia melakukan penelitian tentang hal ini. Menurut mereka kebiasaan anjing memakan daging dan menggigit tulang dimulai dari sekitar 8 juta tahun yang lalu. Pada jaman dahulu, anjing-anjing purbakala berkelompok untuk mencari mangsa mereka.

Artikel lain: Kenapa kucing suka menjilat tubuhnya

Kebiasaan ini kemudian generasi anjing berikutnya, misalnya seperti serigala dan anjing modern lainnya, menjadi karnivora, yaitu pemakan daging. Tim Munoz-Doran menyusun silsilah anjing yang menghubungkan lebih dari 300 spesies anjing yang ada di muka bumi. Mereka menemukan sejarah evolusi yang sama pada sejumlah jenis anjing.

Pada jaman dahulu banyak habitat anjing di sekitar Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Persaingan untuk mendapatkan makanan semakin ketat, hal ini membuat anjing-anjing di masa itu harus berkelompok untuk mendapatkan mangsa mereka.

Munoz-Doran mengatakan bahwa kebiasaan berburu secara berkelompok membuat munculnya jenis anjing baru dengan bentuk kepala yang berbeda dari sebelumnya, ukuran taring lebih besar, dan rahangnya menjadi lebih kuat. Anjing jenis baru tersebut mampu bertahan dari seleksi alam dan kemudian melanjutkan jenis ini ke anjing generasi berikutnya.

Tim ini lebih lanjut mengatakan bahwa kebiasaan memakan daging dan menggigit tulang ini tetap melekat pada generasi anjing berikutnya, termasuk anjing-anjing peliharaan walaupun mereka tidak perlu berburu mangsa lagi.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa anjing suka menggigit tulang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 22, 2013