Tau Gak kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional

english-bahasa-internasional

Dahulu kerajaan Britania adalah kerajaan aktif yang berbentuk koloni. Penjelajah dari Inggris melakukan banyak penjelajahan dan mencari barang-barang berharga setelah Christopher Columbus berhasil menemukan benua Amerika.

Jamewstown (Virginia) tahun 1607 adalah koloni yang tersukses yang pernah dibangun oleh Inggris di benua Amerika. Selain itu, koloni Inggris juga menyebar ke berbagai tempat, mulai dari timur jauh seperti India hingga Australia. Di India mereka menemukan bahan-bahan berharga seperti rempah-rempah, garam, sutera, teh, dan lainnya.

Artikel lain: Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca

Koloni Inggris terus menjelajahi berbagai wilayah di dunia, termasuk di Asia, Amerika Utara, Afrika, dan hampir di seluruh dunia. Para penjelajah ini tinggal di tempat tugas mereka di daerah koloninya, dan memperkenalkan bahasa Inggris mereka di sana. Banyak pedagan yang menganggap bahasa Inggris dapat menguntungkan mereka dalam mengembangkan jaringan perdagangannya hingga ke Inggris.

Walaupun akhirnya sebagian besar koloni-koloni Inggris ini menjadi sebuah negara merdeka, banyak diantaranya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional mereka. Dan pada abad 20, muncullah negara adidaya Amerika Serikat dengan kekuatan militer dan ekonomi yang kuat. Sejak saat itu, bahasa Inggris digunakan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pendidikan, ekonomi, politik, ilmu pengetahuan, TI, budaya, dan komunikasi.

Dunia akhirnya menerima bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional utama karena penggunaannya sudah sangat luas dan banyak negara sudah melakukan perdagangan dengan menggunakan bahasa Inggris. Perjanjian internasional sepakata bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa resmi untuk komunikasi penerbangan dan pelayaran. Bahasa Inggris juga resmi menjadi bahasa yang digunakan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang perembangan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 19, 2014