Tau Gak Kenapa Baju Berwarna Hitam Menyerap Panas

baju-hitam

Sobat Sok Tau pernah pakai baju hitam ketika panas di siang hari? Tentunya kamu akan merasa sangat gerah jika menggunakan pakaian berwarna hitam saat cuaca panas. Ini dikarenakan baju berwarna hitam ternyata dapat menyerap panas lebih banyak. Lalu, kenapa sih pakaian warna hitam menyerap panas?

Sesuai dengan teori benda hitam yang mengatakan bahwa segala sesuatu akan terlihat berwarna karena ketika dia memantulkan cahaya. Semakin sedikit cahaya yang dipantulkan maka warnanya akan semakin gelap. Karena warna gelap menyerap cahaya lebih banyak maka secara langsung akan menyerap panas lebih banyak dari cahaya tersebut.

Artikel lain: Kenapa burung hantu bisa memutar leher hingga 270 derajat

Warna hitam akan menyerap semua spektrum cahaya. Inilah yang kemudian membuat energi radiasi yang diterima benda berwarna hitam menjadi lebih besar. Emesitas (e) adalah koefisien emisivitas, dimana emivitas itu sendiri adalah ukuran besar pemancaran radiasi kalor sebuah benda berbanding dengan benda hitam. Nilai emisivitas (e) bergantung pada jenis permukaan benda.

Penyerap cahaya yang paling buruk atau pemantul sempurna memiliki nilai e = 0, sedangkan benda yang hitam sempurna dengan nilai e = 1 adalah benda yang memiliki sifat penyerap sempurna sekaligus pemancar radiasi kalor dengan sempurna. Sedangkan nilai 0 < e < 1, benda yang dapat menyerap dan pemancarkan radiasi hanya sebagian saja.

Nah, sekarang kamu tahu alasannya kenapa kita dianjurkan menggunakan pakaian berwarna putih ketika melakukan kegiatan di bawah terik matahari. Pakaian putih akan memantulkan cahaya matahari dan membantu menjaga tubuh kita tidak merasa kegerahan atau kepanasan. Sedangkan orang yang memakai baju hitam di panas terik matahari akan merasa kegerahan karena pakaiannya menyerap cahaya dan panas.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa baju berwarna hitam dapat menyerap panas. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Baju Berwarna Hitam Menyerap Panas, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 30, 2013