Tau Gak Kenapa Balon Udara Bisa Terbang

kenapa-balon-udara-bisa-terbang

Apakah kamu pernah melihat balon udara? Balon udara tidak memiliki sayap seperti pesawat terbang, tapi bisa terbang tinggi di angkasa. Sebenarnya bagaimana sih cara mengendalikan balon udara sehingga bisa terbang ke angkasa? Baca terus ya.

Sebelumya kita harus mengetahui bagian-bagian dari balon udara terlebih dahulu. Balon udara memiliki beberapa bagian penting, diantaranya envelope, burner, dan basket.

Artikel lain: Kenapa ada tanda @ pada email

1. Envelope 

Ini adalah bagian kantong balon udara yang terbuat dari bahan nilon berbentuk balon tempat udara dipanaskan. Bahan nilon tersebut ditambahkan bahan anti api (skirt). Bagian envelopa ini akan diisi dengan gas/ udara ringan yang akan mengangkat balon udara dari darat.

2. Burner 

Ini adalah alat yang bergunsi untuk memanaskan gas/ udara yang ada di dalam envelope. Posisi burner berada di atas kepala penumpang, persis di dekat mulut envelope. Burner dapat mengatur tekanan pada kantung udara sehingga balon udara bisa terbang dengan ketinggian tertentu.

3. Basket 

Ini adalah kerangjang tempat para penumpang berdiri dan mengendalikan balon udara tersebut. Basket terbuat dari bahat yang ringang dan lentur, dan posisinya berada di bawah kantung udara.

Sebenarnyan cara kerja balon udara tidak rumit. Penumpang hanya perlu memanaskan udara yang ada di dalam balon sehingga lebih panas dari udara yang ada di luar balon. Udara yang panas akan bergerak ke atas dan membuat balong mengembang dan terbang. Udara dalam balon lebih panas dari udara di luar balon sehingga membuatnya lebih ringan.

Burner berfungsi untuk memanaskan udara di dalam balon tadi hingga mencapai temperatur kurang lebih 100 derajat celcius. Udara panas yang terperangkap dalam envelope tersebut bergerak naik ke atas dan membuat balon udara mengembang dan akhirnya terbang karena tekanan udara ke atas lebih kuat. Dan ketika penumpang ingin mendarat, maka udara yang ada dalam balon harus di kurangi temperaturnya, yaitu dengan cara mengecilkan burner. Udara yang semakin dingin akan membuat balon turun perlahan-lahan dan mendarat.

Balon udara dapat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dengan memanfaatkan hembusan angin yang bergerak horizontal. Pada setiap ketinggian tertentu, arah tiupan angin akan berbeda. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh pengemudi balon udara untuk mengendalikan arah perpindahan balon udara dari satu tempat ke tempat yang lain.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa balon udara bisa terbang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Balon Udara Bisa Terbang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 1, 2013