Tau Gak Kenapa Besi Berkarat

besi-berkarat

Sobat Sok Tau pernah melihat besi berkara? Pasti pernah dong. Besi yang berkarat akan berubah warna pada bagian permukaannya. Warna besi berkarat biasanya kuning kecoklatan, kadang warnanya ada yang berubah menjadi coklat gelap. Besi yang berkarat akan menjadi lebih lemah dibandingkan dengan besi yang tidak berkarat karena permukaan luarnya sudah mulai terkikis. Lalu kenapa besi bisa berkarat? Apa yang menyebabkan besi berkarat?

Besi yang berkarat terjadi karena adanya proses korosi pada besi. Apa itu korosi? Korosi adalah suatu reaksi redoks yang terjadi antara suatu logam dengan senyawa lain yang ada di sebuah lingkungan – misalnya di udara atau di air – dan menghasilkan sebuah senyawa baru yang tidak dikehendaki, yaitu senyawa oksida. Korosi atau karat yang terjadi pada besi adalah akibat dari reaksi antara besi, oksigen, dan air yang ada di udara yang kemudian membentuk oksida besi. Pagar, jendela, pintu, dan benda lain yang terbuat dari besi, bisa mengalami korosi karena adanya kontak dengan udara dan air.

Artikel lain: Kenapa roda berbentuk bulat/ lingkaran

Proses berkarat ini kemudia bisa dipercepat karena adanya unsur garam. Coba kamu perhatikan, besi-besi atau tiang pancang yang ada di sekitar pelabuhan pasti lebih mudah berkarat dibandingkan besi-besi di tempat lain yang tidak mengandung banyak garam. Itulah sebabnya semua kendaraan mobil atau motor yang sering melewati wilayah pantai akan mudah mengalami korosi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi agar besi tidak mudah berkarat? Caranya adalah dengan melindungi besi dari udara, bisa dengan cara:

1. Melapisi besi atau logam lain dengan cat khusus. Tentunya cat besi ini memiliki batas kemampuan dalam melindungi besi tersebut. Itulah sebabnya kadang kita melihat ada besi yang dicat masih tetap berkarat.

2. Ketika proses produksi logam dipabrik, bahannya dibuat dengan campuran yang homogen atau sama

3. Dengan memberikan vaselin atau oli pada bagian luar besi.

4. Menghubungkan besi dengan logam aktif, contohnya Magnesium (Mg). Upaya ini akan membuat Magnesium yang mengalami korosi bukan besi. Upaya seperti ini banyak dilakukan untuk mencegah korosi pada tiang listrik atau baja.

5. Melapisi logam besi dengan seng atau timah tipis yang disebut dengan proses galvanisasi.

6. Upaya lain untuk mencegah karat pada besi adalah dengan melakukan proses elektro kimia, yaitu memberi lapisan timah seperti yang biasa dilakukan pada kaleng.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa besi bisa mengalami karat atau korosi. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Besi Berkarat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 11, 2013