Tau Gak Kenapa Bintang Tampak Berkedip

bintang-berkedip

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat bintang kan. Bintang yang sering kita lihat tampak berkedip, benarkah bintang tersebut berkedip? Coba kamu masukkan koin ke dalam kolam, koin tersebut akan terlihat seperti bergelombang karena air di dalam kolam tersebut membuat cahaya yang dipantulkan koin berbelok.

Inilah yang terjadi ketika kita melihat cahaya bintang yang berada jauh sekali dari atmosfer bumi. Atmosfer bumi yang mengalami pergolakan dan adanya hembusan angin sepanjang waktu membuat cahaya bintang yang kita lihat seperti berkedip. Ini seperti sedang melihat langit dari dasar kolam.

Artikel lain: Kenapa noda kopi selalu menepi

Aktivitas ini seperti yang terjadi pada lensa dari prisma yang membelokkan cahaya bintang dari suatu sisi ke sisi lainnya dalam hitungan per detik. Sedangkan pada benda angkasa yang terlihat besar seperti bulan, rata-rata pembelokan cahayanya keluar dan menyebar sehingga selalu terlihat bercahaya dan tidak berkedip.

Hal ini sangat berbeda dengan bintang yang letaknya sangat jauh dari bumi. Sumber cahaya bintang terlihat berupa titik sehingga saat masuk ke dalam atmosfer, cahaya tersebut langsung dibelokkan dengan intensitas yang cepat. Inilah yang kemudian menyebabkan bintang tampak berkedip.

Planet lain seperti Venus, Jupiter, dan mars, terlihat seperti bintang yang terang karena posisinya lebih dekat ke bumi. Cahaya dari planet ini tidak berkedip karena tidak terjadi pembelokan cahaya, walaupun memang kadang terjadi kerlap-kerlip bervariasi dari cahaya planet ini.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa bintang tampak berkedip. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Bintang Tampak Berkedip, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 21, 2013