Tau Gak Kenapa Biskuit Berlubang-Lubang

kenapa-biskuit-berlubang

Kalau kita perhatikan, pada bagian badan biskuit biasanya selasa selalu ada lubang-lubang yang dibuat secara teratur. Ada lubang yang dibuat kecil-kecil, dan ada juga lubang yang dibuat agak besar. Selama ini kita pasti berpikir bahwa lubang-lubang ini hanyalah dekorasi agar biskuit terlihat lebih menarik. Apa benar demikian?

Ternyata pabrik pembuat biskuit tidak membuat lubang-lubang itu sebagai dekorasi, dan ada maksud lain. Setiap kali adonan biskuit dibuat, pasti ada udara yang masuk ke dalam adonan tersebut. Kalau adonannya skala kecil, udara ini pasti mudah terlihat dan bisa segera diantisipasi. Namun, tidak demikian bila adonan ini dibuat di sebuah pabrik biskuit berskala besar.

Artikel lain: Kenapa banteng benci warna merah

Untuk adonan berskala besar tentunya untuk mencegah udara masuk bukanlah hal yang mudah. Seringkali udara yang terperangkap di dalam adonan tersebut akan membuat masalah bagi produk yang dibuat. Udara tersebut akan menimbulkan adanya gelembung di bagian tengah adonan. Jika gelembung tersebut pecah akan terlihat jelek dan matang lebih cepat dan mudah gosong.

Hal ini sering terjadi pada kue yang dipanggang di oven, di mana pada bagian yang menggelembung sudah terlebih dahulu matang dan gosong, sedangkan bagian tengahnya belum matang. Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi?

Sebelum adonan tersebut dipanggang, adonan biskuit yang sudah dibentuk tipis terlebih dahulu diarahkan ke sebuah tabung yang memiliki duri-duir. Tabung yang berduri ini akan digilingkan ke atas adonan biskuit sehingga akan membentuk lubang yang akan membantu mengeluarkan udara di dalam adonan.

Bentuk dan ukuran duri yang digunakan untuk melubangi adonan biasanya berbeda-beda, tergantung pada suhu pemanggangan, jenis adonan, dan tampilan biskuit yang diinginkan. Dan setelah adonan selesai dipanggang akan meninggalakn lubang-lubang di badan biskuit tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa biskuit berlubang-lubang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Biskuit Berlubang-Lubang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 17, 2013