Tau Gak Kenapa Buah Apel Berubah Warna Setelah Dikupas

buah-apel

Kamu pasti pernah mengiris atau mengupas buah apel. Setiap kali kita mengupas atau memotong buah apel, maka tidak begitu lama daging apel yang awalnya berwarna putih akan berubah menjadi warna kecokelatan. Sebenarnya hal ini juga terjadi pada beberapa buah lainnya seperti buah pir, kentang, atau salak. Sebenarnya apa yang terjadi, kenapa daging apel tersebut berubah warna?

Proses pencoklatan pada buah terbagi menjadi dua bagian, yaitu non-enzimatis dan enzimatis. Nah yang terjadi pada buah apel adalah proses pencoklatan enzimatis. Apel dan kebanyakan buah lainnya banyak mengandung senyawa fenolik. Senyawa inilah yang kemudian beperan sebagai subtrat pada proses pencoklatan enzimatis pada buah apel tersebut.

Artikel lain: Kenapa bahasa Inggris jadi bahasa Internasional

Enzim fenol oksidase dan oksigen menyebabkan terjadinya proses pencoklatan pada buah apel dan sayuran. Ketika buah apel atau buah lainnya dikupas, maka akan terjadi aktivitas enzim polypenol oxidase. Saat enzim tersebut berhubungan dengan O2 (oksigen) maka keduanya akan mengganti gugus monophenol menjadi O-hidroxi phenol. Selanjutnya akan berubah lagi menjadi O-kunion. Nah gugus O-kunion inilah yang kemudian mengubah warna daging buah apel menjadi kecoklatan.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa buah apel berubah warna setelah dikupas. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Buah Apel Berubah Warna Setelah Dikupas, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - January 27, 2014