Tau Gak Kenapa Burung Beo Bisa Meniru Suara Manusia

burung-beo1

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat burung beo. Burung beo ini punya kemampuan untuk menirukan ucapan manusia, dan bahkan memiliki kecerdasan lainnya. Kita pasti penasaran kenapa burung unik ini mampu berbicara seperti manusia?

Burung beo memiliki lidah yang unik, inilah rahasia mereka. Lidah burung beo tersebut bisa mengatur suara yang dikeluarkan burung beo dan menirukan suara manusia, misalnya huruf-huruf vokal yang sering dilakukan oleh manusia ketika berbicara.

Artikel lain: Kenapa burung tidak tersengat listrik

Suara manusia dihasilkan dari pangkal tenggorokan yang disebut dengan Larynx. Manusia dapat mengubah suaranya sesuai dengan gerakan lidah di dalam mulut mereka. Inilah yang membantu kita untuk bisa mengucapkan huruf-huruf konsonan dan vocal, walaupun pengucapannya sulit.

Sampai saat ini belum ada peneliti yang menganggap burung beo sama seperti burung jenis lainnya yang dapat menghasilkan dan mengubah suaranya dengan bantuan larynx dan syrix tanpa bantuan lidah. Ketika burung beo menirukan ucapan manusia, mereka menggerakkan lidanya ke belakang dan ke depan.

Beberapa penelitian telah melakukan studi tentang hal ini, salah satunya adalah Gabriel Beckers dan teman-temannya yang berasal dari Universitas Leiden, Belanda. Mereka melakukan riset pada beberapa burung beo dengan mengganti syrix burung beo dengan sebuah speaker elektronik yang sangat kecil.

Mereka menemukan bahwa pergerakan lidah burung beo bisa menimbulkan perbedaan besar pada kualitas suara vokal burung beo tersebut. Menurut Beckers, perbedaan tersebut lebih besar ketimbang kualitas vokal “a” dan “o” yang diucapkan oleh manusia. Lebih lanjut Beckers mengatakan bahwa burung beo memainkan lidahnya dan mengucapkan kata-kata manusia didorong oleh bakat burung tersebut untuk menirukan suara.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa burung beo bisa meniru suara manusia. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Burung Beo Bisa Meniru Suara Manusia, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 24, 2013