Tau Gak Kenapa Burung Hantu Bisa Memutar Lehernya 270 Derajat

burung-hantu

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat burung hantu (Owl). Burung ini bisa memutar lehernya hingga 270 derajat tanpa kesulitan. Jika manusia melakukan hal ini, pasti akan terjadi pendarahan internal dan kerusakan pada organ yang ada di leher yang bisa mengakibatkan kematian.

Para ilmuwan melakukan penelitian tentang ini dan menemukan fakta unik tentang burung hantu. Mungkin bagi manusia hal ini adalah sesuatu yang tidak mungkin, tapi burung hantu mampu memutar leher mereka hingga 270 derajat tanpa merusak pembuluh darah atau merobek tendon mereka.

Artikel lain: Kenapa manusia bermimpi

Ilmuwan dari John Hopkins University School of Medicine, AS, dapat menjelaskan bagaimana burung hantu bisa memutar kepala mereka. Burung hantu memiliki soket mata yang berbebeda dengan hewan lain, di mana bola mata mereka tidak bisa memutar untuk melihat obyek lain di sekitar mereka. Hal ini kemudia membuat mereka meregangkan leher dan harus memutar kepala untuk melihat obyek yang ada di sekitarnya.

Burung hantu memiliki beberapa ruas tulang belakang, tulang-tulang kecil yang membentuk leher dan tulang belakang mereka. Tulang-tulang kecil ini membantu mereka untk mampu melakukan gerakan memutar leher dengan berbagai rentang gerakan. Burung hantu memiliki leher yang sangat lentur karena hanya terdapat satu socket pivot di leher mereka, sedangkan manusia memiliki dua socket pivot yang membatasi putaran leher.

Selain burung hantu, burung elang ekor juga memiliki kemampuan memutar kepala mereka untuk melihat obyek yang ada di kepala mereka. Kemampuan melihat sesuatu melampaui bahu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghindari predator, dan juga untuk mendeteksi mangsa mereka dengan mudah.

Lihat video berikut ini:

Demikianlah penjelasan singkat kenapa burung hantu dapat memutar leher mereka hingga 270 derajat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Burung Hantu Bisa Memutar Lehernya 270 Derajat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 30, 2013