Tau Gak Kenapa Burung Pelatuk Tidak Pusing Saat Mematuk

burung-pelatuk

Sobat Sok Tau pernah nonton film Woody WoodPecker kan? Burung pelatuk yang suka mematuk apa saja yang ada disekitarnya. Burung pelatuk mampu mematuk sebuah kayu dengan kecepatan 20 kali patukan dalam satu detik. Wah cepat sekali ya. Kalau kita melakukan hal tersebut, pasti kepala kita akan pusing dan cedera parah. Lalu kenapa burung pelatuk tidak pusing saat mematuk?

Burung pelatuk memiliki pelindung tulang dan kelopak matanya. Selain itu, burung kecil ini juga memiliki otot yang sangat pada dan kuat pada bagian lehernya untuk melakukan patukan berkali-kali dengan cepat.  Otot tambahan pada bagian kepalanya berfungsi seperti helm yang melindungi otak dan membuat burung pelatuk tidak kesakitan saat mematuk.

Artikel lain: Apa itu karamelisasi

Kelapa burung pelatuk tidak seperti burung lainnya, pada bagian kepalanya dilindungi dengan ketak oleh otot dan tulang kepala yang kuat. Pelindung kepalad tersebut menjaga bagian otak sehingga tidak terguncang-guncang saat burung pelatuk mematuk pohon. Otot burung pelatuk akan berkontraksi sepermilidetik sebelum dia mematuk.

Begitu juga dengan bagian kelopak mata dalam burung pelatuk. Burung kecil ini memiliki kelopak mata yang unik yang bisa berfungsi seperti sabuk pengaman mata. Mata yang tidak dilindungi oleh kelopak ekstra bisa saja mengalami kerusakan, keluar, atau bahkan pecah. Namun, hal ini tidak terjadi pada burung pelatuk karena dia memiliki kelopak mata ekstra yang melindungi bola matanya.

Burung pelatuk biasanya hanya mematuk dengan patukan lurus pada pohon. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya trauma pada kepala bila bergerak dari satu sisi ke sisi lainnya. Burung pelatuk jantan bisa mematuk pohon hingga 12.000 kali dalam satu hari selama musim kawin.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa burung pelatuk tidak pusing saat mematuk pohon. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Burung Pelatuk Tidak Pusing Saat Mematuk, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 15, 2013