Tau Gak Kenapa Burung Tidak Tersengat Listrik

burung-hinggap-di-kabel

Kamu pernah tidak melihat burung hinggap di kabel listri, dan burung itu tidak kesetrum. Justru burung tersebut kelihatan sangat asik bermain bersama teman-temannya di atas kabel listrik tersebut. Kenapa ya burung tidak tersengat listrik ketika berjalan di kabel listrik? Berikut ini penjelasannya.

Sesuatu bisa tersengat listrik jika terjadi perbedaan tegangan. Seperti aliran air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah, begitu juga dengan aliran listrik, mengalir dari tegangan yang tinggi menuju ke tegangan yang lebih rendah.

Artikel lain: Apa fungsi punuk unta

Bumi dan tanah memiliki tegangan yang lebih rendah, berbeda dengan benda lainnya. Ini membuat aliran listrik selalu mengalir ke tanah atau bumi dari sumber tegangan atau disebut dengan konduktor. Manusia kesetrum saat terjadi kontak antara tubuh kita sebagai konektor dengan sumber tegangan listrik yang cukup tinggi yang bisa menimbulkan arus melalui rambut dan otot manusia itu.

Listrik akan menyetrum kita hanya jika tubuh kita terhubung dengan tanah atau ground. Perhatikan burung yang hinggap di atas kabel listrik, mereka tidak terhubung dengan tanah. Burung tersebut tidak menyebabkan perubahan tegangan listrik pada kabel yang dihinggapinya dan dia tidak akan kesetrum.

Sama halnya jika kita menyentuh kabel listrik dan tubuh kita tidak menyentuh tanah atau kabel netral (ground), kita tidak akan kesetrum. Itulah sebabnya para pekerja yang berhubungan dengan listrik selalu menggunakan sepatu boat dari karet atau alas kaki lain yang bisa menjadi isolator.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa burung tidak tersengat ketika berada di atas kabel listrik. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Burung Tidak Tersengat Listrik, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 24, 2013