Tau Gak Kenapa Daerah Kutub Memiliki Banyak Es

By on May 23, 2013

lapisan-es-kutub

Sobat Sok Tau pasti pernah mendengar tentang wilayah kutub utara dan kutub selatan. Kedua wilayah ini memiliki suhu yang sangat dingin, sobat Sok Tau yang terbiasa dengan suhu tropis Indonesia pasti tidak kuat tinggal di sana. Kedua wilayah ini adalah tempat terdingin di dunia, walaupun begitu ternyata ada juga manusia yang tinggal di daerah kutub tersebut. Kamu pasti penasaran kenapa sih daerah kutub banyak sekali es nya? Baca terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Tim Sok Tau mencatat rekor suhu terpanas di daerah kutub selatan yaitu minus 12,3 derajat Celcius atau sama dengan 9,9 derajat Fahrenheit. Suhu terpanas ini menjadi sejarah baru di daerah kutub selatan dan terjadi pada hari Natal tanggal 25 Desember 2011 yang lalu. Mungkin sobat Sok Tau menganggap suhu minus 12,3 derajat Celcius tidak lazim dianggap sebagai suhu yang panas karena suhu di Indonesia rata-rata mencapai 18 – 30 derajat Celcius, tapi memang inilah angka suhu terpanas di daerah tersebut. Suhu terdingin di daerah kutub selatan pernah mencapai minus 89,6 derajat Celcius atau sekitar 117 derajat Fahrenheit, yang terjadi pada tanggal 12 Juli 1983 lampau.

Artikel lain: Apa itu Velociraptor

Advertisement

Dengan suhu yang sedingin itu, air yang ada di belahan bumi selatan dan belahan bumi utara dapat membeku menjadi es dalam waktu singkat. Apalagi ketika sudah masuk dalam musim dingin, kedua belahan bumi tersebut akan memiliki suhu yang sangat dingin sekali, manusia yang berada diluar bisa membeku seketika. Suhu udara yang begitu dingin membuat air sungai dan air laut yang mengalir di daerah itu membeku menjadi es.

Pada bagian belahan bumi utara, matahari hanya bersinar selama 6 bulan saja, yaitu pada musim panas. Itupun hanya pada siang hari saja ketika dan posisinya tidak berada di atas kepala kita tapi sejajara dengan pandangan mata manusia. Dan pada saat musim dingin, matahari tidak akan terlihat, dan pada saat itu kutub akan mengalami gelap selama enam bulan. Itulah penjelasan kenapa wilayah kutub terdapat banyak sekali es.

Advertisement

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa daerah kutub memiliki banyak es. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.


Yuk Kasih Komentarnya...

comments