Tau Gak Kenapa Darah Kita Berwarna Merah

darah-merah

Kamu pasti pernah melihat darah kan? Darah yang sering kita lihat itu warnanya merah tua dan agak kental. Kenapa darah itu berwarna merah? Kenapa gak biru atau hijau saja, seperti warna favorit saya hehehe. Ok, tim Sok Tau akan mencoba menjelaskan kenapa darah itu berwarna merah.

Sebenarnya yang membuat darah berwarna merah adalah hemoglobin yang terkandung di dalam darah kita. Kita bisa melihat ribuan sel kecil darah dengan menggunakan mikroskop, bentuk sel-sel darah merah ini seperti piring cekung, seperti pada gambar di atas.

Artikel lain: Dari mana datangnya kotoran telinga

Tapi kalau kita melihat dari samping, sel-sel darah ini terlihat seperti angkah delapan lho. Hemoglobin banyak sekali terdapat dalam sel darah kita. Hemoglobin ini jugalah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh kita, yang akhirnya dapat membantu proses pengiriman nutrisi dalam tubuh kita.

Hemoglobin itu sendiri sebenarnya adalah merupakan protein. Dia berasal dari 4 jenis protein yang kemudian bergabung bersama-sama. Pada bagian tengah protein tersebut terdapatlah sebuah ion zat besi. Nah, warna merah ini dipengaruhi oleh kandungan zat besi tadi.

Di dalam pembuluh darah kita, mengalir banyak sekali sel darah merah. Darah itu terlihat sangat merah karena ada sekitar 35 trilliun sel darah merah dalam satu kali beredar di dalam tubuh kita. Lalu sel darah merah akan kehilangan inti sel dan meningkatkan produksi hemoglobinnya ketika sel darah merah yang masih mudah menjadi matang di sumsum tulang kita. Hemoglobin inilah yang menjadi pigmen berwarna merah di dalam darah kita.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa darah kita berwarna merah. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Darah Kita Berwarna Merah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 12, 2013