Tau Gak Kenapa Daun Putri Malu Mengatup Saat Disentuh

daun-putri-malu

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat tanaman putri malu, daun tanaman ini sangat unik. Ketika kita menyentuh daun bunga putri malu daun itu akan segara mengatup. Bukan hanya karena sentuhan saja, tetapi tiupan angin, panas udara, dan goyangan pada bunga ini akan membuat daunnya menutup. Unik ya. Lalu, kenapa daun putri malu ini mengatup saat disentuh?

Putri malu (Mimosa pudica) menutup daunnya (seismonasti) karena bagian tertentu dari sel tumbuhan ini kehilangan tekanan tugor. Tekanan tugor adalah tekanan yang terjadi pada dinding sel oleh air yang terdapat pada vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya.

Artikel lain: Siapa penemu jarum peniti

Yang terjadi pada tanaman ini ketika mendapat rangsangan dari luar, bagian tertentu pada batangnya terstimulasi untuk melepaskan zat kimia yang termasuk di dalamnya ion potasium yang membuat air terpaksa keluar dari vakuola. Air ini kemudia berdifusi keluar sel, inilah yang menyebabkan hilangnya tekanan di dalam sel dan membuat sel tersebut menjadi kempis.

Daun yang mengatup tersebut terjadi karena adanya perbedaan tekanan antara bagian-bagian tertentu di dalam sel. Daun-daun yang berdekatan dengan daun yang mengatup juga akan menerima rangsangan yang sama sehingga daun tersebut juga akan mengatup.

Menurut para peneliti, kemampuan tanaman dalam mengempiskan atau menyusutkan bagian-bagian tertentu adalah sebuah sistem pertahanan yang dimiliki oleh tanaman tersebut. Beberapa hewan pemakan tumbuhan mungkin saja kaget dan takut pada tumbuhan yang dapat merespon rangasangan dari luar dengan cepat. Ini akan mengusir hewan pemakan tumbuhan tersebut dan memilih tumbuhan lain untuk dimakan.

Selain itu, daun putri malu yang mengatup tersebut memiliki warna yang berbeda dengan daun yang masih mekar. Warna daun yang mengatup tersebut terlihat lebih pucat, ini akan membuat hewan yang ingin memakan tumbuhan putri malu tidak selera untuk memakannya.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa daun putri malu mengatup saat disentuh. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Daun Putri Malu Mengatup Saat Disentuh, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 3, 2013