Tau Gak Kenapa Es Batu Mengambang Di Atas Air

es-batu

Setiap kali kita ingin minum minuman dingin dengan menambahkan es batu pada minuman kita, pasti es batu itu akan mengambang di atas air. Kenapa ya, kog es batu tersebut bisa mengapung di atas air, kenapa tidak tenggelam?

Kebanyakan dari kita pasti berpikir bahwa setiap benda padat yang diletakkan di atas air pasti akan tenggelam. Ternyata hal ini tidak terjadi pada es batu, dan beberapa benda padat lainnya lho. Walaupun es batu ini bentuknya padat, ternyata es batu memiliki massa jenis yang lebih kecil dari pada massa jenis air.

Artikel lain: Kenapa wajah memerah saat merasa malu

Molekul air mengatur diri sendiri sedemikian rupa saat dia berubah wujud menjadi sebuah es batu.  Perubahan ini menciptakan sebuah ruang antar molekul yang tadinya tidak ada.

Jika kita melihat sebuah es batu, ada ruang lebih banyak di dalam es dibandingkan dalam air. Artinya volume es menjadi lebih besar dibangdingkan dengan volume air. Hal ini membuat massa jenis es batu menjadi lebih kecil dibandingkan dengan massa jenis air. Kamu past ingat apa itu massa jenis, itu adalah pelajar fisika waktu SMP.

Sama halnya dengan kapal laut yang bisa mengapung di lautan. Jika kita menekan es batu di dalam sebuah wadah berisi air, maka akan ada tekanan ke atas atau perlawanan. Jika tekanan itu lebih besar dari berat es, maka es akan tenggelam dalam air. Namun jika tidak ada gaya tekan yang terjadi pada es, maka es tersebut akan selalu mengapung di atas air.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa es batu mengambang di atas air. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Es Batu Mengambang Di Atas Air, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 9, 2013