Tau Gak Kenapa Gunung Berapi Bisa Meletus

kenapa-gunung-meletus

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat atau membaca berita di berbagai media tentang gunung berapi yang meletus. Tentunya tidak semua dari kita mengerti bagaimana proses yang terjadi sehingga gunung berapi bisa meletus. Nah buat teman-teman yang belum tahu kenapa gunung berapi bisa meletus, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Satu hal yang harus kita ketahui bahwa di dalam perut bumi ada lapisan magma yang disebut dengan dapur magma. Kalau kamu belum tahu, magma itu adalah batuan yang masih dalam bentuk cair yang terdiri dari larutan silika yang beruhu tinggi. Suhu magma ini bisa mencapai 1000 derajat celcius, wah panas sekali ya.

Artikel lain: Kenapa kunang-kunang bisa mengeluarkan cahaya

Suhu yang sangat panas di dalam perut bumi tersebut akan membuat tekanan udara menjadi sangat besar, dan ketika tekanan di perut bumi sudah sangat besar maka isi perut bumi tersebut akan dikeluarkan. Mengeluarkan magma dengan letusan gunung berapi adalah salah satu mekanisme alamiah bumi. Hal ini terjadi untuk menjaga keseimbangan perut bumi agar tetap “sehat”.

Isi perut bumi ini (magma) dinamakan lava, dan suhunya bisa mencapai 700 – 1200 derajat celcius. Ketika lava masih encer, lava ini akan mengalir turun bersama dengan air sungai, sedangkan lava yang lebih kental biasanya akan segera membeku setelah keluar dari perut bumi. Itulah sebabnya kita sering melihat bebatuan yang ada di sekitar pegunungan, batuan itu adalah lava yang sudah membeku.

Selain lava, gunung berapi yang meletus juga mengeluarkan material lainnya, yaitu awan dan abu panas. Letusan gunung berapi akan mengeluarkan asap yang bergulung menyerupai awan, dan awan ini sangat panas dan bermuatan bebatuan dan material vulkanik padat yang suhunya bisa mencapai 600 derajat celcius. Abu yang keluar dari perut bumi ini adalah serpihan yang sangat halus dan ringan, namun suhunya sangat panas. Abu panas ini terbawa oleh angin karena ukurannya sangat kecil dan ringan. Abu tersebut bisa bergerak ke segala arah dengan jarak puluhan hingga ratusan kilometer dari pusat letusan.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa gunung berapi bisa meletus. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Gunung Berapi Bisa Meletus, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 2, 2013