Tau Gak Kenapa Hari Minggu Dijadikan Hari Libur

Hari-Minggu-Libur

Tidak semua bangsa hari liburnya di hari minggu. Tidak seperti di negara kita dan kebanyakan negara lain, bangsa Arab menganggap hari jumat adalah hari libur dan hari untuk beribadah. Lain lagi dengan bangsa Yahudi, mereka liburnya di hari sabtu karena menggap hari sabtu adalah hari ibadah. Lalu kenapa hari minggu menjadi hari libur di Indonesia dan kebanyakan negara lain? Baca terus untuk mengetahui jawabannya.

Tradisi yang menganggap hari minggu adalah hari libur bermula dari tradisi Romawi kuno di Italia. Pada jaman dahulu orang Romawi kuno selalu beribadah pada hari minggu. Dan mereka kemudian membuat hari ini menjadi hari libur dan khusus untuk kegiatan ibadah. Selain itu, kebiasaan bangsa Romawi kuno selalu memberikan tanda hari libur atau hari penting lainnya dengan memberikan tanda warna merah.

Artikel lain: Kenapa kapal laut bisa mengapung di air

Pada jaman itu, bangsa Romawi adalah bangsa yang terkuat dan banyak menguasai negara-negara di Eropa. Kekuasaan bangsa Romawi hingga negara Perancis, Inggris, Jerman, Belanda, dan negara lainnya. Nah, tradisi libur di hari minggu ini kemudia diterapkan di negara-negara yang mereka jajah, termasuk negara Belanda.

Sekian waktu berlalu, Belanda pun akhirnya merdeka dan menjajah bangsa Indonesia selama 350 tahun. Kemudian orang-orang Belanda ini menerapkan tradisi di negara mereka di Indonesia termasuk tradisi libur di hari minggu.

Dan hingga saat ini, tradisi libur di hari minggu masih dilakukan di negara Indonesia. Alasannya sederhana, orang bekerja selama 6 hari, dan butuh untuk libur. Akhirnya pemerintah Indonesia menetapkan hari minggu menjadi hari libur nasional. Selain itu, tradisi yang juga kita adopsi dari negara Belanda adalah menandai setiap hari libur dengan warna merah. Tradisi ini digunakan di banyak negara sampai saat ini, termasuk menandai setiap hari libur lainnya dengan warna merah.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa hari minggu dijadikan hari libur. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Hari Minggu Dijadikan Hari Libur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 8, 2013