Tau Gak Kenapa Jantung Berdetak Lebih Cepat Saat Merasa Takut

wanita-ketakutan

Sobat Sok Tau pasti merasa takut terhadap sesuatu. Ketika kita merasa takut pasti detak jantung kita akan semakin cepat dan kencang. Banyak diantara kita yang tidak menyadari hal ini. Namun, kita perlu mengetahui penyebab kenapa jantung kita berdetak lebih kencang saat kita merasakan takut.

Ada sekitar 10 juta sel neuron yang terdapat di dalam otak manusia, dimana setiap sel neuron ini terhubung dengan sekitar 10.000 sel neuron lainnya. Nah, di setiap ujung sel neuron ini terdapat sebuah zat kimia yang dinamakan dengan neurotransmitter (NT).

Artikel lain: Hewan memiliki 3 kelopak mata

Ketika neuron ini menerima rangsangan dari luar, sel neuron tersebut akan mengeluarkan neurotransmitter yang di salurkan melalui celah kecil sinaptik yang berukurang sangat kecil menuju ke sel neuron lainnya. Saat neurotransmitter tersebut keluar, ini bisa menyebabkan tubuh bereaksi sesuai dengan rangsangan yang diterimanya. Kekurangan atau kelebihan neurotransmitter akan menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh manusia.

Di dalam tubuh kita terdapat puluhan jenis neurotransmitter, antara lain dopamin, noradrenallin, adrenallin, serotonin, dan lain-lain. Ketika kita merasakan takut, saat itu pasokan serotin akan mengalami gangguan. Karena itu, otak kemudian akan memberikan perintah ke tubuh kita untuk melakukan reaksi yang beragam, tergantung rangsangan yang diterima oleh tubuh.

Reaksi yang bisa terjadi sebagai akibat rasa takut adalah jantung berdebarm keringat dingin, bulu kuduk berdiri, sesak nafas. Pada beberapa kasus seseorang yang ketakukan bisa mengalami kematian karena mengalami serangan jantung atau jantung berhenti.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa jantung kita berdetak lebih cepat saat kita merasa ketakutan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Jantung Berdetak Lebih Cepat Saat Merasa Takut, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - August 1, 2013