Tau Gak Kenapa Kaki Sering Kesemutan

kaki-kesemutan

Kamu pernah kesemutan? Biasanya kesemutan muncul ketika kita melakukan posisi tidur atau duduk dengan posisi yang sama dengan waktu yang cukup lama. Sensasi mati rasa atau biasa disebut dengan kesemutan ini terjadi karena dipengaruhi oleh gangguna sistem saraf sensorik dalam tubuh kita.

Alur kerja dari sistem sarah sensorik adalah sebagai berikut:

Artikel lain: Kenapa perut berbunyi ketika lapar

  1. Stimulus yang diterima kulit berupa sentuhan, tekanan, rasa panas, rasa sakit, diterima oleh reseptor kulit kemudian akan di teruskan ke saraf tepi.
  2. Sinyal ini kemudian akan diterima oleh susunan saraf pusat kita pada sumsum tulang belakang.
  3. Kemudian stimulus akan segera dilanjutkan ke pusat penyebaran utama impuls sensoris (thalamus).
  4. Nah, setelah itu sinyal tadi akan dikirim ke otak kita.

Kadang-kadang proses perjalanan sinyal stimulus tersebut mengalami gangguna. Ini bisa terjadi karena ada anggota tubuh yang tertekuk terlalu lama dan membuat aliran darah terhambat. Hal ini membuat otak kita menerima sinyal yang tidak sempurna seperti biasanya. Inilah yang membuat kita merasakan kesemutan atau bahkan mati rasa.

Kesemutan ini bisa menjadi hal yang berbahaya, atau bisa juga tidak berbahaya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kesemutan bisa terjadi karena kita terlalu lama menekuk bagian tubuh kita, misalnya kaki, sehingga peredaran darah tidak lancar. Namun, jika rasa kesemutan terjadi terlalu sering, bahkan ketika kita tidak menekuk kaki dan tidak terlalu lama duduk, mungkin saja ini adalah sebuah gejala penyakit lain yang serius.

Jika gangguan yang kita alami adalah sistem saraf motorik dan bukan sistem saraf sensorik, maka ini akan berpotensi mengakibatkan terjadi kelumpuhan pada seseorang. Beberapa penyakit yang punya gejala seperti kesemutan adalah gagal ginjal, diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Nah, kalau gangguan kesemutan ini kamu alami terlalu sering, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kaki kamu bisa mengalami kesemutan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kaki Sering Kesemutan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 8, 2013