Tau Gak Kenapa Kamu Menguap

menguap Tau Gak Kenapa Kamu Menguap

Advertisement

Kalau sobat Sok Tau sedang mengantuk biasanya akan menguap kan. Dan biasanya kita berasumsi bahwa orang yang sedang menguap pasti sedang mengantuk. Dari kajian para akademisi punya jawaban yang lebih ilmiah mengenai ini.

Advertisement

Menurut tim peneliti dari Universitas Binghamton mengatakan bahwa kegiatan menguap masih ada hubungannya dengan suhu di dalam otak manusia. Maksudnya? Maksudnya adalah ketika kita menguap, ini berfungsi untuk “mendinginkan” suhu otak manusia. Masih biungung? Yuk baca lagi.

Artikel lain: Penyebab mata juling

Bisa kita analogikan seperti ini, otak manusia itu bekerja seperti halnya sebuah komputer. Dan komputer akan tetap beroperasi dengan baik dan efisien jika suhu komputer tersebut tetap dingin atau setidaknya masih dalam suhu yang wajar. Di dalam komputer terdapat komponen-kompone yang membantu untuk mendinginkannya, antara lain; kipas, dan heatsink.

Nah, sama halnya dengan otak manusia, suhu di dalam otak kita akan semakin meningkat karena aktifitas berpikir atau kegiatan fisik yang membuat tubuh lelah. Menguap merupakan salah satu solusi alamiah yang dilakukan oleh tubuh untuk mengembalikan suhu yang stabil dalam aktifitas otak. Selain itu, tim peneliti itu mengatakan bahwa menguap juga merupakan bagian dari sebuah momen transisi dalam otak kita. Misalnya ketika priode sebelum bangun tidur dan setelah bangun tidur.

Tau Gak Kenapa Kamu Menguap

Lalu, kenapa menguap bisa menular?

Tim peneliti itu mengatakan bahwa kita ikut mengupa ketika melihat orang lain menguap sebagai mekanisme otomatis yang sangat terkait dengan sugesti. Peneliti tersebut meyakini bahwa menguap yang menular pada orang lain terkait kecenderungan pada empati, yaitu usaha dari diri kita yang tidak kita sadari yang mencoba memahami hubungan dengan orang lain. Menurut perkiraan para peneliti, 55% orang akan ikut menguap dalam waktu lima menit setelah melihat orang lain menguap.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan tentang kenapa kamu menguap. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.


Terima kasih sudah membaca Tau Gak Kenapa Kamu Menguap. Jika suka artikel Tau Gak Kenapa Kamu Menguap ini silahkan like / share. Dan jangan lupa lihat juga artikel lainnya.


Related Tau Gak Kenapa Kamu Menguap

Beberapa artikel sejenis Tau Gak Kenapa Kamu Menguap yang mungkin anda suka

Komentar Tau Gak Kenapa Kamu Menguap

komentar