Tau Gak Kenapa Kapal Laut Bisa Mengapung di Air

By on June 6, 2013

kapal-laut-mengapung

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat kapal lau, baik melihat secara langsung ataupun melalui televisi atau internet. Kapal laut itu banyak yang memiliki bobot hingga berton-ton lho, itu hanya bobot kapalnya aja belum termasuk penumpangnya. Kalau ditambah dengan penumpang atau barang-barang, pasti beratnya akan bertambah. Kapal laut biasanya mengangkut manusia, barang, mobil, truk, bahkan mengangkut pesawat tempur . Tapi kenapa kapal laut bisa mengapung ya dengan bobot yang sangat berat seperti itu? Baca terus ya biar tau.

Kamu pasti ingatkan tentang pelajaran fisika waktu di sekolah. Sebuah benda akan terapung, tenggelam, atau melayang di dalam zat cair, tergantung oleh massa jenis benda berbanding dengan massa jenis zait cair tempat benda itu dicelupkan. Sebuah benda akan terapung bila dia memiliki massa jenis lebih kecil dari massa jenis cairan. Sedangkan benda bisa melayang di dalam air karena massa jenisnya sama dengan massa jenis cairan. Dan jika massa benda lebih besar dari cairan, maka benda itu akan tenggelam.

Artikel lain:  Kenapa kamu menguap

Sekedar mengingatkan kembali pelajaran di sekolah, massa jenis itu adalah perbandingan antara massa dengan volume benda. Contohnya air, massa jenis air adalah 1 gram/ cm3, ini artinya air yang memiliki ukuran kubus dengan sisi masing-masing sebesar 1 cm akan memiliki berat 1 gram. Dan semakin besar massa benda (semakin berat), dan semakin kecil volume benda tersebut, maka akan semakin besar pula massa jenisnya.

Advertisement

Kalau kita perhatikan kapal laut, bobot kapal laut memang sangat besar tapi bentuk kapal laut adalah cekung dan terdapat ruangan-ruangan yang luas dan rongga berisi udara, ini membuat volume kapal laut menjadi begitu besar. Nah, tentu saja ini akan membuat massa jenis kapal laut menjadi lebih kecil dari massa jenis air. Itulah sebabnya kapal laut tidak tenggelam. Lalu, bagaimana jika sebuah kapal laut dibuat tanpa rongga sama sekali? Ya tentu saja kapal laut itu akan tenggelam karena massa jenisnya akan lebih besar dari massa jenis air. Kalau kamu masih belum paham, sebaiknya buka buku pelajaran lagi tentang Hukum Archimedes hehehe.

Sebagai contoh coba kamu lakukan sebuah percobaan kecil di rumah. Ambil sebuah mangkuk kosong, lalu letakkan di atas air? Mangkuk itu akan mengapung, persis seperti kapal laut, ini karena massa jenisnya masih lebih kecil dari massa jenis air. Coba tekan mangkuk tersebut dengan tangan kamu, air seolah-olah akan mendorong mangkuk tersebut ke atas dan mangkuk akan terus terapung. Lalu, coba kamu tekan lagi mangkuk tadi lebih keras lagi ke bawah, beban yang semakin berat akibat dorongan tangan kamu akan membuat massa jenis mangkuk bertambah besar, dan mangkuk pun akan tenggelam. Nah, sekarang kamu tahu kenapa kapal laut di Indonesia banyak yang tenggelam, ya karena muatannya terlalu banyak melebihi daya tampung kapal laut itu.

Advertisement

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa kapal laut bisa mengapung di air. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.


Yuk Kasih Komentarnya...

comments