Tau Gak Kenapa Keju Berwarna Kuning

keju-kuning

Keju adalah bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasi. Keju banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Itulah sebabnya banyak orang yang suka makan keju, selain baik untuk kesehatan rasanya juga banyak yang suka. Lalu kenapa sih warna keju berwana kuning?

Memang keju terbuat dari susu putih, tapi setelah difermentasikan menjadi keju warnanya menjadi kuning. Namun, sebenarnya susu tidak berwarna putih sejati. Susu juga mengandung pigmen kekuningan atau oranye, ini karena sapi atau kerbau makan rumput dan mempengaruhi warna susu mereka.

Artikel lain: Kenapa semut suka yang manis-manis

Pigmen yang ada pada susu ini disebut dengan beta karoten. Karena susu berbentuk cair, sulit sekali bagi kita untuk melihat pigmen ini. Pigmen ini terikat dengan komponen lemak yang ada pada susu, bukan pada komponen cairnya.

Komponen cair ini kemudian dihilangkan dari susu ketika dilakukan proses pembuatan keju. Dan proses pembuatan keju tersebut menyisakan pigmen beta karoten yang lebih banyak dibanding komponen cair susu, inilah yang membuat keju menjadi berwarna kuning.

Biasanya sapi makan rumput dan tanaman segar lain ketika musim semi dan musim panas. Rumputan ini mengandung beta karoten yang tinggi, sehingga ketika susu dari sapi tersebut diolah menjadi keju akan menghasilkan keju berwarna kuning. Sedangkan ketika musim dingin, sapi biasanya makan jerami karena rumput tidak tumbuh pada musim dingin. Keju yang dibuat dari susu sapi di musim dingin akan menghasilkan keju berwarna pucat.

Biasanya keju yang berwarna kuning punya daya jual yang lebih tinggi karena kebanyakan menganggap keju berwarna kuning lebih menarik. Terkadang penjual keju menambahkan bahan lain untuk membuat warna keju menjadi kuning atau oranye tanpa merusak rasa keju tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa keju berwarna kuning. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Keju Berwarna Kuning, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 3, 2013