Tau Gak Kenapa Ketiak Mengeluarkan Bau tidak Sedap

ketiak-bau

Kamu mungkin pernah merasa terganggu dengan bau ketiak seseorang yang berada di dekat kamu karena baunya sangat tidak enak atau menyengat. Atau mungkin saja kamu yang punya bau badan tidak enak dan sering membuat orang di dekat mu merasa tidak nyaman. Kenapa sih ketiak bisa mengeluarkan bau yang tidak enak seperti itu? Mari kita bahas sedikit ya.

Di dalam tubuh kita itu ada dua jenis kelenjar keringat, yaitu apokrin dan ekrin. Kelenjar ekrin merupakan kelenjar yang berada di permukaan kulit yang terbuka. Sedangkan kelenjar apokrin merupakan kelenjar yang berada di bagian kulit kita yang ditumbuhi rambut, misalnya ketiak, dan kepala. Kedua kelenjar ini mengeluarkan keringat dengan kandungan zat yang agak berbeda.

Artikel lain: Cara lidah merasakan sensasi pedas

Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin sebagian besar berupa air dan garam. Sedangkan keringat yang dikeluarkan oleh apokrin adalah air yang mengandung lemak, protein, dan karbohidrat. Bakteri yang berada di permukaan kulit kita adalah biang kerok dari bau badan yang tidak sedap, salah satunya adalah Bakteri Propionibacterium. Air keringat yang dikeluarkan oleh apokrin tersebut diurai oleh bakteri-bakteri di permukaan kulit dan mengubahnya menjadi asam. Nah, bau badan yang tidak sedap tersebut adalah asam yang menguap.

Ada dua jenis asam yang bisa membuat bau badan, yaitu:

1. Asam Propionat (Asam Propanoat)

Asam ini biasanya menghasilkan bau yang mirip dengan bau asam cuka. Asam propionat adalah hasil penguraian bakteri propionibacteria, jenis bakteri ini hanya ditemukan pada manusia yang masih remaja dan yang sudah dewasa.

2. Asam Isovalerik

Asam ini adalah hasil penguraian dari bakteri yang disebut dengan staphylococcus epidermidis. Bau yang dihasilkan oleh asam ini mirip dengan bau keju.

Hal yang terpenting dilakukan untuk menjaga tubuh kita agar tidak mengeluarkan bau tidak sedap adalah menjaga kerbersihan badan dan juga menggunakan pakaian yang bersih. Usahakan agar kulit kamu senantiasa bersih dan kering serta menggunakan pakaian yang mudah menyerap air keringat.

Demikianlah penjelasan singkat ketiak mengeluarkan bau tidak sedap. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Ketiak Mengeluarkan Bau tidak Sedap, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 10, 2013