Tau Gak Kenapa Kita Bisa Kesetrum

kesetrum

Pernah tidak kamu merasakan kesetrum? Kita merasakan tersengat listrik saat menyentuh kabel yang beraliran listrik. Lalu kenapa kita bisa tersengat listrik jika menyentuh kable listrik? Apak yang membuat kita bisa kesetrum? Baca terus ya.

Listrik terdiri dari muatan negatif (elektron) dan muatan positif (proton). Muatan yang sama akan tolak menolak, sedangkan muatan yang berbeda akan tarik menarik. Energi potensial akan terbentuk ketika muatan listrik yang saling tarik menarik dipisahkan. Energi potensial yang tinggi akan mengalir ke energi potensial rendah.

Artikel lain: Bagaimana cara kerja telepon

Bumi atau tanah memiliki energi potensial yang rendah. Nah, ketika kita berdiri dan menyentuh tanah lalu tangan memegang kabel yang berliran listrik maka listrik tersebut akan melewati tubuh kamu, melalui otot lalu menuju ke tanah/ bumi.

Tubuh kita mengandung banyak sekali air, dimana kita ketahui bahwa air adalah konduktor (penghantar) listrik yang sangat baik. Kita harus berhati-hati berhadapan dengan kabel beraliran listrik karena dapat menyebabkan tubuh kita teraliri muatan listrik yang berbahaya.

Akibat keseterum ini bisa bermacam-macam, misalnya kaget, kulit terbakar, hingga kerusakan pada sistem jaringan tubuh manusia yang mengakibatkan kematian. Besarnya resiko yang diakibatkan oleh listrik tergantung pada besar kecilnya muatan listrik yang mengalir ke tubuh kita.

Untuk mencegah tubuh kita kesetrum, ada cara mudah yang bisa kita lakukan, yaitu menggunakan alas kaki yang tidak bisa menghantarkan listrik ke bumi/ tanah. Atau cara teraman adalah dengan cara mematikan arus listrik terlebih dahulu sebelum memperbaiki alat-alat listrik. Yang paling penting adalah kewaspadaan dan kehati-hatian dalam menggunakan peralatan yang menggunakan listrik.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita bisa kesetrum. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Bisa Kesetrum, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 7, 2013