Tau Gak Kenapa Kita Melihat Langit Berwarna Biru

langit-biru

Kita pasti sering menatap langit pada waktu pagi atau siang hari. Pada saat itu, warna langit terlihat biru dengan awan putihnya. Tau gak, ternyata langit itu sebenarnya tidak berwarna biru lho, tapi terdiri dari beberapa warna yang berbeda. Kadang berwarna hitam atau abu-abu, kadang berwarna keemasan atau merah, dan kadang berwarna putih, dan tentunya biru. Lalu kenapa hal itu bisa terjadi? Baca terus ya.

Bumi kita ini diselimuti oleh atmosfir, yaitu lapisan udara. Lapisan udara ini merupakan sederetan beberapa gas, seperti Nitrogen, Oksigen, Karbondioksida, partikel air, dan debu. Cahaya matahari harus melewati lapisan udara tersebut sebelum sampai ke bumi dan kita lihat. Nah pada saat itu, cahaya matahari tersebut akan dihamburkan oleh partikel-partikel kecil yang ada pada lapisan udara (atmosfir) tersebut.

Artikel lain: Kenapa pesawat bisa terbang di angkasa

Cahaya matahari ini sendiri terdiri dari beberapa warna, diantaranya kuning, hijau, merah, ungu, dan biru. Setiap warna tersebut punya frekuensi yang berbeda. Semakin panjang gelombangnya maka akan semakin pendek frekuensinya. Warna biru dan violet merupakan cahaya matahari dengan gelombang terpendek, maka langit cenderung akan tampak berwarna violet atau biru.

Langit biru yang kita lihat di langit adalah semua partikel yang ada di atmosfir yang menyebarkan cahaya berwarna biru ke arah pandangan kita. Sedangkan ketika langit berwarna abu-abu, itu artinya terdapat banyak partikel debu di angkasa karena banyak gas kotor di udara. Ini sering terjadi di kota besar dan sekitar pabrik yang mengeluarkan asap kotor.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita melihat langit berwarna biru. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Melihat Langit Berwarna Biru, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 16, 2013