Tau Gak Kenapa Kita Mengantuk Pada Malam Hari

menguap-karena-mengantuk

Sobat Sok Tau biasanya akan mengantuk ketika malam hari, dan ini selalu terjadi setiap hari. Tau gak kenapa kita mengantuk pada malam hari? Pada dasarnya, mengantuk itu adalah sinyal alami yang dikirimkan oleh otak kita pada tubuh yang mengatakan bahwa sel-sel otak sudah lelah dan perlu untuk istirahat.

Lalu, kenapa otak harus istirahat? Waktu dalam 1 hari adalah 24 jam, dan biasanya manusia membutuhkan istirahat atau tidur selama kurang lebih 7 sampai 8 jam dalam sehari. Jika waktu istirahat kurang dari 7 jam, kemungkinan besar tubuh kita akan terasa lemas dan kesulitan untuk berkonsentrasi. Ini karena sel otak yang bekerja seharian akan kekurangan oksigen dan mengalami kelelahan. Produktifitas otak akan terganggu kalau dia kekurangan oksigen, itulah sebabnya otak membutuhkan istirahat untuk memulihkan diri.

Artikel lain: Kenapa nyamuk menghisap darah

Otak yang sudah mengalami kelelahan akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh, itulah kenapa kita merasa ngantuk dan ingin tidur. Pada kenyataannya, banyak sekali orang yang tetap memaksakan diri untuk bekerja di malam hari walaupun tubuh dan otaknya sudah mengalami kelelahan, tentunya ini akan berbahaya. Coba kamu pikir, otak dan badan sudah kelelahan tapi masih dipaksakan untuk bekerja, bukan hanya hasil kerjaan yang tidak maksimal tapi akan berbahaya bagi kesehatan kita.

Kamu pernah gak membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa resiko kematian akibat kurang tidur lebih besar dibandingkan resiko kematian akibat kurang makan. Hal ini sangat sesuai dengan artikel yang ditulis oleh tim Sok Tau. Tidak ada cara lain yang bisa mengobati kelelahan sel otak kita selain istirahat dan tidur yang cukup. Jadi, pastikan untuk selalu beristirahat dengan cukup untuk memberikan oksigen yang cukup untuk otak kamu.

Tubuh kita sebenarnya memiliki mekanisme sendiri dalam mengatur jam biologis masing-masing orang. Jadi, istirahat tidak harus malam hari saja. Ada sebagian orang yang memang bekerja di malam hari dan istirahat di pagi hari. Ini kemudian akan menjadi kebiasaan dan tercatat pada otak kita dan menjadi pola hidup. Namun, tidur di malam hari tetap lebih baik dibandingkan dengan tidur pada waktu pagi atau siang hari.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa kita mengantuk di malam hari. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Mengantuk Pada Malam Hari, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 11, 2013