Tau Gak Kenapa Kita Mengantuk Setelah Makan

wanita-menguap

Seringkali kita merasa mengantuk setelah makan sehingga bisa mengganggu kegiatan lain yang ingin dikerjakan. Kalau dipikir-pikir, setelah makan harusnya kita justru mendapatkan tambahan energi. Lalu kenapa banyak orang justru merasa mengantuk setelah makan ya? Baca terus ya.

Tidak semua jenis makanan akan membuat kita mengantuk. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah penting untuk menambah energi kita, tapi ternyata justru makanan ini bisa menyebabkan munculnya rasa kantuk. Karbohidrat di dalam tubuh kita diubah menjadi glukosa dan digunakan sebagai sumber energi oleh tubuh manusia, dan dapat digunakan oleh tubuh setelah glukosa tersebut masuk ke dalam sel tubuh yang membutuhkannya.

Artikel lain: Cara hidung mencium bau

Glukosa tersebut membutuhkan suatu hormon untuk bisa masuk ke dalam sel tubuh. Hormon ini hanya dihasilkan oleh kelenjar pankreas yang bernama insulin. Hormon insulin dapat merangsang terjadinya pembentukan asam amino (komponen yang menyusun protein) yang disebut dengan triptofan. Kemudian triptofan tersebut diubah menjadi senyawa serotonin dan melatonin.

Kedua senyawa ini dapat mempengaruhi kerja otak kita (neurotransmitter), inilah yang akan membuat kita merasa ngantuk setelah makan. Selain makanan yang mengandung karbohidrat, lemak juga dapat menghasilkuan glukosa sehingga ketika kita mengkonsumsi banyak lemak, ini akan membuat kita mengantuk.

Ada pendapat lain yang mengatakan jika kita terlalu banyak makan ini akan membuat semakin banyak darah yang mengalir ke saluran pencernaan kita. Ini kemudia akan membuat pasokan darah dan oksigen ke organ-organ lain dalam tubuh menjadi berkurang. Nah, kekurangan pasokan darah dan oksigen pada organ-organ tersebut membuat kita menjadi lemas dan mengantuk.

Di dalam otak kita terdapat sel khusus yang disebut dengan orexon. Sel ini bertanggung jawab untuk membuat kita tetap terjaga dan pembakaran kalori. Sel ini bisa menjadi tidak aktif ketika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sehingga kita akan merasa mengantuk. Dan begitu sebaliknya, kita akan terjaga jika banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

Karena itu, untuk menghindari rasa kantuk setelah makan maka sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, kurangi asupan karbohidrat, dan jangan makan terlalu kenyang. Selain itu, kurangi atau hindari makanan yang bertepung dan yang mengandung gula, tapi perbanyak makanan yang mengandung protein dengan lemak rendah seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, ikan, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita mengantuk setelah makan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Mengantuk Setelah Makan, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 9, 2013