Tau Gak Kenapa Kita Mengeluarkan Air Mata Saat Mengiris Bawang

mengiris-bawang

Buat sobat Sok Tau yang punya hobby memasak pasti sudah sering dong menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Bawang adalah salah satu bumbu masakan yang sering digunakan untuk membuat masakah menjadi lebih nikmat. Selain untuk bumbu masak, bawang juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Ketika kita sedang mengiris bawang, baik itu bawang putih, bawang merah, ataupun bawang bombay, biasanya air mata kita akan keluar dengan sendirinya. Selain itu, kita juga akan merasakan perih di mata. Kamu pasti pernah penasaran, kenapa sih kita mengeluarkan air mata saat mengiris bawang?

Artikel lain: Kenapa seragam Pramuka berwarna cokelat

Bawang memiliki senyawa sulfur, yang pada saat kita mengirisnya maka sulfur ini akan bereaksi dengan enzim yang kemudian menghasilkan asam sulfenat. Asam ini sifatnya tidak stabil, dan akan cepat berubah menjadi senyawa yang lain yang lebih stabil, yaitu, propenatiol S-oksida. Senyawa proneatiol S-oksida ini sangat mudah menguap, dan kemudian berinteraksi dengan mata kamu dan membuat asam sulfur.

Mata kita bisa mengalami iritasi bila terkena asam sulfur dan membuatnya menjadi kemerahan dan terasa perih. Nah, untuk melindungi mata yang mengalami iritasi tadi, lalu mata kita kemudia memproduksi air mata yang akan membantu mengeluarkan senyawa yang mengganggu mata tersebut. Setelah kontak dengan bawang dihentikan, maka iritasi ini akan hilang secara perlahan-lahan.

Setelah kita memasak bawang tersebut, misalnya digoreng, maka bawang tadi tidak akan membuat mata kita mengalami iratasi lagi karena senyawa asam sulfenat yang ada pada bawang tersebut sudah rusak pada saat proses memasak. Untuk menghindari perasaan tidak nyaman karena mata perih, kamu bisa mencegahnya dengan cara memasukkan bawang ke dalam kulkas, dan kemudian mengiris bawang pada keadaan dingin.

Dalam keadaan dingin, reaksi yang terjadi akan berjalan lebih lambat yang kemudian membuat gas yang diproduksi menjadi jauh lebih sedikit. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kacamata ketika kamu mengiris bawang. Jagalah jarak antara mata dengan bawang.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita mengeluarkan air mata saat mengiris bawang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Mengeluarkan Air Mata Saat Mengiris Bawang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 22, 2013