Tau Gak Kenapa Kita Perlu Mematikan Ponsel Saat Di Pesawat

mematikan-ponsel-di-pesawat

Orang yang sering bepergian dengan pesawat terbang pasti selalu diingatkan oleh petugas di pesawat tersebut untuk mematikan ponsel selama penerbangan. Beberapa orang mungkin tidak perduli dengan peringatan tersebut dan masih bandel menggunakan ponselnya di dalam pesawat. Seperti yang terjadi baru-baru ini dimana seorang pejabat pemerintah yang arogan tidak mau mematikan ponselnya dan justru melakukan pemukulan pada pramugari yang mengingatkannya. Lalu, kenapa sih kita harus mematikan ponsel selama penerbangan? Baca terus ya

Ada beberapa berita tentang kecelakaan pesawat yang diakibatkan penggunaan ponsel di dalam pesawat. Kenapa penggunaan ponsel bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat? Ketika pesawat sedang terbang, para pilot selalu melakukan komunikasi dengan pihak bandara atau dengan pesawat lain.

Artikel lain: Misteri dibalik sengatan ubur-ubur

Kegiatan komunikasi ini digunakan untuk mengetahui dan memantau lokasi pesawat tersebut, memantau lalu lintas pesawat terbang di sekitarnya, dan untuk komunikasi lain. Yang pasti, komunikasi ini sangat penting untuk menjaga keamanan perjalanan pesawat terbang tersebut.

Untuk melakukan komunikasi tersebut, para pilot dan petugas bandara udara menggunakan gelombang radio. Sedangkan ponsel kita juga beroperasi dengan menggunakan gelombang radio. Gelombang radio yang dipancarkan dari ponsel kita bisa diterima oleh menara pemancar terdekat di bandara udara yang disebut dengan BTS (Base Transceiver Station).

Frekuensi dari ponsel kita bisa saja sama dengan frekuensi yang digunakan oleh pesawat udara yang kita tumpangi untuk berkomunikasi. Dan sinilah letak bahaya yang sesungguhnya. Akan timbul interferensi atau gangguan sinyal yang diakibatkan sinyal lain frekuensinya sama atau sangat berdekatan, dan akan membuat sistem komunikasi pesawat akan terganggu. Tentu saja gangguna komunikasi di dalam pesawat akan sangat berbahaya bagi keselamatan pesawat tersebut

Memang, kecelakaan akibat sinyal yang dipancarkan oleh ponsel kecil kemungkinannya. Namun, akan jauh lebih baik bila penumpang pesawat tersebut juga bekerja sama untuk mencegah terjadinya kecelakaan, yaitu dengan mematikan ponsel mereka selama perjalanan. Gangguan dari sinyal ponsel bisa saja terjadi dan akan berpengaruh bagi keselamatan psawat tersebut. Karena itu, sebaiknya kita tidak menyalakan ponsel selama berada di dalam pesawat.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kita perlu mematikan ponsel saat di pesawat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kita Perlu Mematikan Ponsel Saat Di Pesawat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 10, 2013