Tau Gak Kenapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya

kucing-suka-menjilat-tubuhnya

Kucing memiliki kebiasaan yang berbeda dengan anjing. Biasanya anjing suka menjilati majikannya, tapi kucing justru lebih suka menjilati tubuhnya sendiri. Hal ini mungkin membuat kita bertanya-tanya, kenapa sih kucing suka menjilati tubuhnya sendiri?

Kucing adalah mahluk yang sangat memperhatikan kebersihan tubuhnya. Kamu pasti memperhatikan tubuh kucing, bulu mereka terlihat bersih dan rapih padahal tidak pernah dimandikan oleh majikannya.

Artikel lain: Kenapa susu berwarna putih

Kucing suka menjilati tubuhnya, ini adalah cara mereka untuk membersihkan bulunya dari kotoran dan juga untuk melepaskan bulu-bulu yang rontok pada tubuhnya. Kucing memiliki struktur lidah yang sangat berbeda dengan lidah manusia. Permukaan lidah kucing sangat kasar.

Kucing memiliki air liur (saliva) yang bisa menjadi cairan pembersih yang sangat efektif. Untuk membersihkan bagian tubuh yang tidak terjangkau, seperti tengkuk dan kepala, kucing terlebih dahulu menjilat telapak kaki mereka lalu mengusapkannya pada bagian yang tidak terjangkau tersebut.

Ketika kucing menjilat bulu-bulunya, maka sebagian bulu-bulu tersebut akan ikut tertelan. Itulah sebabnya kita sering melihat kucing memuntahkan bola bulu dari mulutnya atau melalui kotorannya. Biasanya kucing akan memakan rumput untuk membantunya memudahkan siklus tersebut.

Selain itu, kucing juga suka menjilat tubuh kucing lain. Tindakan ini dilakukan untuk menunjukkan kasih sayangnya pada kucing lain tersebut. Nah, jika kucing kamu pernah menjilati kamu maka kemungkinan besar dia ingin menunjukkan kalau dia sayang pada kamu.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kucing suka menjilati tubuhnya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kucing Suka Menjilati Tubuhnya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 20, 2013