Tau Gak Kenapa Kulit Bunglon Bisa Berubah Warna

rahasia-kulit-bunglon

Sobat Sok Tau pernah melihat bunglon kan? Binatang yang termasuk dalam reptilia ini memiliki keunikan pada kulit tubuhnya, dimana kulitnya bisa berubah-ubah warna sewarna dengan tempat dia berhenti. Kira-kira bagaimana ya cara bunglon mengubah warna kulitnya tersebut?

Di dalam kulit tubuh bunglon terdapat sel kromatofor, inilah rahasia kenapa bunglon bisa mengubah warna kulitnya. Kromatofor ini mempunyai banyak lengan yang panjang seperti gurita, dan dikelilingin oleh pigmen.

Artikel lain: Awal mula ditetapkannya kendaraan berjalan di sebelah kiri

Warna kulit bunglon akan berwarna gelap ketika melanin atau pigmen mengumpul. Dan begitu juga sebaliknya, warna kulit bunglon akan lebih terang dan berwarna muda ketika melanini tersebut menyebar. Setiap kromatofor memiliki warna yang berbeda-beda. Uniknya, sistem saraf bunglon ternyata terhubung dengan kromatofor tersebut sehingga bunglon dapat mengatur intensitas pigmen di kulitnya.

Namun, bunglon tidak memiliki semua warna di dalam kromatofor di kulitnya walaupun bunglon bisa mengganti warna kulitnya. Pada bagian bawah kulit hewan reptil ini terkandung pigmen berwarna kuning dan merah. Dan di bawahnya lagi terdapat juga lapisan sel yang mengandung pigmen putih dan biru. Lalu, dibagian bawahnya lagi terdapat sel yang mengandung pigmen berwarna cokelat seperti yang ada pada manusia.

Perubahan warna kulit bunglon dipengaruhi beberapa hal. Biasanya bunglon dapat mengubah warna kulitnya saat menghindari musuh atau pemangsa. Selain itu, bunglon juga mengubah warna kulitnya ketika musim kawin, ini untuk menarik perhatian bunglon betina. Pada musim kawin, bunglon biasanya menampilkan warna-warna yang menarik, misalnya merah, ungu, dan biru.

Selain itu, kondisi suhu di suatu tempat juga bisa mempengaruhi perubahan warna kulit bunglon. Untuk memaksimalkan penyerapan panas di saat musim dingin, bunglon akan mengubah warna kulitnya menjadi gelap. Sedangkan pada saat berjemur, bunglon akan berwarna hijau untuk memantulkan cahaya matahari. Perubahan mood bunglon bisa juga mempengaruhi perubahan warna kulit bungkon. Misalnya, ketika bunglon sedang stress, terkejut, marah, birahi, bunglon dapat mengekspresikannya dengan perubahan warna kulitnya.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kulit bunglon bisa berubah warna. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kulit Bunglon Bisa Berubah Warna, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 13, 2013