Tau Gak Kenapa Kunang-Kunang Bisa Mengeluarkan Cahaya

kunang-kunang

Sobat Sok Tau pasti pernah melihat kunang-kunang. Serangga kecil ini sangat unik, tubuh mereka bisa mengeluarkan cahaya di dalam gelap. Kira-kira kenapa yang kunang-kunang bisa mengeluarkan cahaya? Baca terus untuk mengetahuinya.

Cahaya yang keluar dari tubuh kunang-kunang (Photinus pyralis) adalah cahaya yang tidak mengakibatkan panas dan disebut dengan bioluminescence. Cahaya tersebut karena adanya reaksi kimia dimana substansi luciferin mengalami oksidasi ketika ada enzim luciferase. Foton yang terpancar pada saat bahan kimia mengalami oksidasi akan menghasilkan keadaan bernergi tinggi, saat itulah timbul cahaya pada tubuh kunang-kunang. Kondisi tersebut akan beralih kembali pada kondisi normal.

Artikel lain: Sejarah anti-septik

Sistem saraf pada kunang-kunang yang berada pada sel khusus yang disebut dengan photocytes akan mengendalikan cahaya tersebut. Dan tingkat kedipan cahaya di tubuh kunang-kunang ini akan dikontrol oleh sistem saraf, photocytes dan organ-organ akhir trakea. Selain itu, tingkat kedipan cahaya kunang-kunang juga bisa dipengaruhi oleh suhu udara. Interval kedipannya akan semakin panjang jika suhu udara semakin rendah, empat detik pada 27,7°C, dan delapan detik pada 18,3°C.

Menurut para ilmuwan, kedipan cahaya yang berirama yang dilakukan oleh kunang-kunang adalah cara untuk mencari pasangan mereka, dan juga untuk menarik mangsa mereka. Kedipan ini bisa dalam bentuk kode heliographic, dan bisa sebagi tanda peringatan.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa kunang-kunang mengeluarkan cahaya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Kunang-Kunang Bisa Mengeluarkan Cahaya, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 1, 2013