Tau Gak Kenapa Lalat Bisa Terbang Sangat Cepat

lalat-terbang-cepat

Sobat Sok Tau pasti sebal dengan binatang kecil ini, apalagi kalau dia datang ketika kita sedang menikmati makanan favorite kita. Rasa sebal ini karena kelincahan si lalat ketika terbang yang membuatnya sulit sekali ditangkap atau dipukul. Nah, sobat Sok Tau pasti penasaran, kenapa sih lalat ini bisa terbang sangat cepat? Baca terus ya biar tahu.

Sebuah tim peneliti dari California Institute of Technology (Caltech) melakukan sebuah penelitian mengenai kelincahan si lalat ketika mereka terbang. Tim peneliti ini menggunakan video dengan kecepatan dan resolusi yang sangat tinggi. Dan mereka berhasil mengetahui alasan kenapa lalat bisa menghindar dengan sangat cepat ketika akan ditangkap atau dipukul.

Artikel lain: Kenapa gunung berapi bisa meletus

Seorang professor dari Caltech yang ahli di bidang bioengineer, Michael Dickinson, memimpin riset tersebut dan menemukan bahwa lalat memiliki kemampuan menghindar yang sangat baik karena lalat memiliki otak yang sangat cepat dalam memutuskan tindakan yang diambil. Selain itu, ternyata otak lalat juga mampu merencanakan hal yang akan dilakukannya.

Tim peneliti itu juga menemukan bahwa sebelum lalat melompat, dia telah memperhitungkan lokasi serangan dan membuat rancana untuk menghindari serangan itu. Kalau kamu pernah memperhatikan tingkah lalat ketika hinggap di suatu tempat, biasanya lalat menggosok-gosokkan kaki kecil mereka. Kita mungkin mengira bahwa si lalat sedang lengah, dan ketika lalat melihat kita memegang alat pukul, si lalat akan berhenti menggosokkan kakinya.

Pada saat ini, lalat akan memperhitungkan dari sebelah mana alat tepuk lalat itu akan menyerangnya. Lalat kemudia akan menggerkkan kaki dan badannya dalam posisi yang baru sehingga ketika mereka melompat terbang dengan mendorong kan kakinya, posisinya akan jauh dari serangan alat tepuk lalat tadi. Sebelum dia melompat dan terbang, si lalat sebenarnya sudah menaikkan sayap dengan sangat hati-hati dan ketika dia melompat, lalat tersebut dapat menyesuaikan lompatan tersebut dengan gerakan terbangnya.

Dan hebatnya, ternyata lalat bisa merencanakan manuver pelariannya hanya dalam waktu 0,1 detik. Tim peneliti ini juga mengatakan bahwa kemampuan melarikan diri pada lalat bisa dilakukan pada saat lalat sedang makan, berjalan, atau sedang membersihkan diri. Kalau sobat Sok Tau penasaran dengan eksperimen Professor Dickinson tersebut, kamu bisa membaca versi lebih lengkapnya di jurnal Current Biology.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa lalat bisa terbang sangat cepat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Lalat Bisa Terbang Sangat Cepat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 2, 2013