Tau Gak Kenapa Lantai Yang Licin Bisa Membuat Kita Terpeleset

terpeleset

Mungkin kamu pernah terpeleset karena menginjak sesuatu yang licin, misalnya lantai yang licin atau kulit pisang. Kenapa sih kita bisa terpeleset karena menginjak lantai yang licin? Baca terus ya supaya kamu tahu.

Ketika seseorang terpeleset, ini sangat berhubungan dengan gaya gesek lantai. Gaya gesek ini adalah gaya yang terjadi antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan, misalnya telapak kaki kita dan lantai.

Artikel lain: Apa itu sinar laser

Saat telapak kaki kita bersentuhan dengan lantai, maka akan terjadi gaya gesek. Besarnya gaya gesek tersebut tergantung pada permukaan kedua benda yang saling bersentuhan. Bila kita menginjak permukaan yang kasar, maka gaya geseknya akan semakin besar. Begitu juga sebaliknya, bila kita menginjak permukaan yang licin, maka gaya geseknya kecil.

Jika kita menginjakkan kaki pada permukaan lantai yang licin, maka kemungkinan terpeleset bisa terjadi karena gaya geseknya sangat kecil. Gaya gesek ini sangat penting karena kalau tidak ada gaya gesek maka kita tidak akan bisa berjalan, tidak bisa duduk, tidak bisa memegang benda lain, dan lain-lain.

Kita bisa memegang sebuah benda karena permukaan kita terdapat sidik jari yang berputar-putar sehingga menyebabkan gaya gesek yang lebih besar. Dengan gaya gesek yang lebih besar maka kita bisa memegang sebuah benda dengan lebih baik.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa lantai yang licin bisa membuat kita terpeleset. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Lantai Yang Licin Bisa Membuat Kita Terpeleset, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - October 28, 2013