Tau Gak Kenapa Leher Jerapah Panjang

kenapa-leher-jerapah-panjang

Jerapah adalah salah satu hewan yang sangat unik karena memiliki leher dan kaki yang panjang. Sering timbul pertanyaan, kenapa leher jerapah sangat panjang, tidak seperti hewan lainnya. Beberapa orang mengatakan, leher jerapah panjang karena ingin menjangkau makanan yang posisinya tinggi. Leher yang panjang ini memudahkan jerapah untuk mencapai makanan yang dibutuhkannya.

Dugaan awal bahwa leher jerapah panjang karena kebutuhan untuk menjangkau daun yang lebih tinggi diungkapkan oleh beberapa pakar. Namun, dugaan tersebut dibantah oleh para peneliti yang sudah mempelajari cara makan jerapah. Menurut para peneliti tersebut, jerapah justru sering memakan daun yang letaknya lebih rendah dari kepala mereka.

Artikel lain: Rahasia peralatan masak anti lengket

Dari penilitian yang dilakukan oleh G. Mitchell, S. Van Sittert, dan J. D. Skinner pada tahun 2010, Jerapah dewasa yang punya leher lebih panjang justru memiliki resiko kematian lebih besar pada musim kering dibanding dengan jerapah yang lehernya lebih pendek. Hal ini dikarenakan jerapah yang lehernya lebih panjang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Sehingga pada saat musim kering, kebutuhan nutrisi ini tidak dapat terpenuhi dan akhirnya mengakibatkan kematian.

Dugaan lain tentang jerapah adalah kebiasaan mereka berkelahi. Hewan banteng biasanya berkelahi dengan mengadu kekuatan tanduk di kepala mereka, sedangkan jerapah berkelahi menggunaka leher mereka. Jerapah jantan yang saling memperebutkan betina mengayunkan leher dan kepala mereka untuk menghantam lawannya. Semakin panjang lehernya maka momentum dan hempasan akan semakin besar.

Jerapah jantan yang memiliki leher lebih panjang biasanya memenangkan perkelahian untuk memperebutkan betina. Gen jerapah dengan leher lebih panjang biasanya akan diturunkan pada anak-anak mereka. Jerapah betina juga bisa mewarisi gen ini, namun biasanya pertumbuhan leher jerapah betina akan berhenti pada saat remaja, sedangkan pada jerapah jantan lehernya akan terus tumbuh hingga usia dewasa.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa leher jerapah panjang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Leher Jerapah Panjang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - September 25, 2013