Tau Gak Kenapa Noda Kopi Selalu Menepi

noda-kopi-selalu-menepi

Bagi sebagian besar orang, kopi adalah minuman sehari-hari yang selalu menemani mereka, baik itu untuk sarapan ataupun ketika mereka sedang santai. Seringkali kita tidak sengaja menumpahkan kopi ke atas meja dan membuat meja itu menjadi kotor.

Coba kamu perhatikan, ketika kopi kamu tumpah di atas meja dan membiarkannya mengering, maka kamu akan melihat noda kopi dimana noda tersebut cenderung menepi sehingga berbentuk seperti cincin. Kenapa bisa begitu? Baca terus ya.

Artikel lain: Hewan blesteran, Liger dan Tigon

Untuk mengetahui jawabannya, kita terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana perilaku tumpahan air tersebut. Jika kita menumpahkan air pada permukaan yang datar maka air tersebut akan menyebar ke segala arah. Penyebaran tersebut hanya akan berhenti bila ada sesuatu yang membatasi atau batasan tertentu.

Batas pada tiap permukaan tentunya berbeda-beda, bisa saja itu sebuah celah yang sangat kecil atau hal lainnya yang ada dipermukaan tempat air tumpah. Adanya perbedaan pada batasan tiap permukaan membuat bentuk tumpahan air menjadi tidak sama. Satu kesamaan pada setiap tumpahan air adalah lebih tipis pada bagian tepinya.

Ketika air sudah mulai menguap, maka penguapan paling cepat terjadi pada bagian yang lebih tipis airnya, yaitu pada bagian tepi. Nah, saat penguapan ini terjadi maka air yang berada pada bagian yang tebal tadi akan mengisi bagian tepi tumpahan yang airnya semakin menipis karena menguap.

Ketika pada tumpahan tersebut terdapat partikel lain, misalnya noda kopi, maka partikel tersebut ikut terseret oleh air ke bagian tepi. Secara perlahan-lahan semua partikel kopi tadi akan terbawa ke bagian tepi tumpahan tadi. Nah, ketika seluruh air pada tumpahan tersebut mengalami penguapan maka akan meninggalkan noda kopi di bagian tepinya dan berbentuk seperti cincin.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa noda kopi selalu menepi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Noda Kopi Selalu Menepi, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 19, 2013