Tau Gak Kenapa Nyamuk Menghisap Darah

nyamuk-menghisap-darah

Sobat Sok Tau pasti tidak suka dengan nyamuk. Setiap kali ada nyamuk di sekitar kita, pasti akan diusir atau dipukul karena mereka biasanya akan menghisap darah. Bukan hanya darah manusia saja yang dihisap oleh nyamuk, tapi juga darah hewan. Kamu tau gak kenapa nyamuk suka sekali menghisap darah?

Sebenarnya nyamuk menghisap darah bukan karena kerakusannya makanan. Sebenarnya darah itu bukanlah makanan nyamuk karena sebenarnya makanan nyamuk itu adalah madu dan nektar dari bunga, inilah makanan pokok nyamuk yang sebenarnya. Lalu buat apa nyamuk menghisap darah?

Artikel lain: Kenapa besi bisa berkarat

Perlu sobat Sok Tau ketahui bahwa sebenarnya hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah. Darah sangat penting bagi nyamuk karena sangat dibutuhkan untuk proses reproduksi mereka. Nyamuk betina membutuhkan banyak protein amino untuk dapat bertelur, dan protein ini sangat banyak terdapat pada darah. Tau gak, sebenarnya nyamuk lebih suka menghisap darah kerbau atau darah tikus dibandingkan menghisap darah manusia. Ini karena darah manusia mengandung sedikit asam amino.

Namun, karena untuk menghisap darah manusia lebih mudah, akhirnya nyamuk pun menghisap darah manusia juga. Satu hal yang sangat merepotkan kita untuk mengusir atau membunuh nyamuk adalah kemampuan terbangnya yang sangat cepat. Selain itu, nyamuk juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menentukan sasaran yang tepat. Walaupun tubuh kita sudah ditutupi selimut, seringkali nyamuk dapat menemukan bagian tubuh kita yang bisa diserang. Ini karena nyamuk memiliki kemampuan mendeteksi gerakan, bau, dan panas tubuh kita.

Dalam sekali menghisap darah dari tubuh kita, nyamuk bisa memperoleh sekitar 3 milligram sel darah kita. Setelah dia selesai, nyamuk kemudia akan meninggalkan enzim di bawah kulit yang dia serang, dan enzim ini akan membuat gatal-gatal. Lalu bagaimana dengan nyamuk jantan? Mereka tidak mau menghisap darah karena nyamuk jantan hanya menghisap nektar atau sari tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan makannya.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu penjelasan kenapa nyamuk suka menghisap darah. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Nyamuk Menghisap Darah, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - June 11, 2013