Tau Gak Kenapa Perut Berbunyi Ketika Lapar

lapar

Ketika kamu sedang lapar, pasti pernah merasakan gerakan dalam perut, bahkan sampai mengeluarkan bunyi. Ternyata, perut kita itu bisa berbunyi tidak hanya pada saat kita merasa lapar. Perut terisi juga bisa mengeluarkan bunyi yang bisa terdengar jelas. Lalu, kenapa ya perut kita itu bisa mengeluarkan bunyi?

Proses pencernaan di dalam lambung kita bisa mengeluarkan bunyi. Ketika proses menggerakkan dan mendorong makanan yang dilakukan oleh otot-otot peristaltik, terjadi kontraksi di dalam lambung kita. Kontraksi tersebut berguna untuk membantu proses pencampuran cairan, makanan, dan zat lain di dalam lambung.

Artikel lain: Kenapa tubuh menggigil saat kedinginan

Semua campuran makanan dan cairan yang lengket di dalam lambung kita akan bergerak, termasuk udara dan gas di dalam usus. Agar mudah diserap oleh tubuh kita, bahan-bahan makanan ini akan terdorong dan terpecah menjadi bagian-bagian kecil. Bunyi di dalam perut kita terjadi karena adanya sekumpulan udara dan gas yang terdorong dan tertekan sehingga menghasilkan bunyi.

Bunyi di dalam perut sebenarnya bisa terjadi kapan saja, tapi bunyi ini akan semakin besar jika di dalam perut dan usus kecil tidak ada makanan. Ketika kita sedang lapar, atau sedang memikirkan makanan yang kita sukai, ini akan membuat sistema pencernaan mengirim sinyal ke otak. Lalu otak akan mengirim perintah kepada semua sistem dalam tubuh agar bersiap-siap menyambut makanan yang akan segera di makan.

[youtube id=”k2Mlty1cQas” width=”620″ height=”360″]

Proses ini akan membuat otot-otot dalam perut dan juga usus akan bergerak dan melepaskan cairan pencernaan yang akan berinteraksi dengan gas dan udara di dalam usus. Biasanya proses ini tidak menimbulkan bunyi, namun terkadang bisa menimbulkan bunyi dalam perut. Bunyi yang terjadi di dalam perut ketika kita lapar disebut juga dengan borborygmi. Biasanya bunyi dalam perut akan semakin jelas terdengar ketika perut kita merasa lapar.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa perut bisa berbunyi ketika kita lapar. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Perut Berbunyi Ketika Lapar, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 7, 2013