Tau Gak Kenapa Perut Bisa Bunyi Ketika Lapar

By on June 1, 2013

perut-bunyi-lapar Tau Gak Kenapa Perut Bisa Bunyi Ketika Lapar

Advertisement

Sobat Sok Tau pasti pernah dengar istilah “perut keroncongan”. Istilah ini sering digunakan ketika perut seseorang mengeluarkan bunyi karena merasa lapar. Kog bisa ya perut mengeluarkan bunyi sendiri? Baca terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Advertisement

Memang perut terkadang bisa mengeluarkan bunyi atau suara tanpa sengaja, dan ini bisa terjadi ketika kamu sedang lapar ataupun sedang tidak lapar. Sobat Sok Tau harus tahu bahwa rasa lapar yang kamu alami itu sebenarnya tidak ada hubungannya dengan perut kosong atau kelaparan.

Artikel lain: Kenapa kita harus sarapan

Tubuh manusia itu memiliki sistem yang teratur. Tiap-tiap organ tubuh saling berhubungan dan memberikan informasi dengan caranya sendiri. Rasa lapar yang kita alami itu terjadi ketika sumber atau bahan makanan bergizi hilang di dalam darah. Ketika itu terjadi maka pembuluh darah kita akan mengirimkan pesan ke bagian otak yang mengatur rasa lapar. Nah bagian otak manusia inilah yang mengatur rasa lapar atau rasa kenyang.

Selama di dalam darah ada sumber nutrisi untuk tubuh dalam jumlah yang cukup maka pusat rasa lapar akan memerintahkan perut untuk bergerak lebih lambat. Tapi ketika di dalam darah sudah kehabisa sari makanan bergizi untuk tubuh, maka bagian otak pengatur rasa lapar akan mengirimkan sinyal ke perut. Inilah yang membuat kita merasa lapar, dan ketika lapar pusat rasa lapar akan memerintahkan perut agar menjadi lebih aktif. Perlu sobat Sok Tau ketahui bahwa ketika kita lapar, perut kita dalam keadaang kosong, dan setelah kita makan dan kenyang perut kita akan lebih padat dan tidak ada ruang kosong lagin.

Biasanya proses pencernaan akan terjadi selama kurang lebih 6 jam. Pada saat itu, lambung dan usus yang berfungsi sebagai alat pencernaan selalu bergerak tanpa lelah karena harus mencerna makanan yang masuk ke lambung. Dan bila makanan tadi sudah selesai dicerna, maka organ usus dan lambung akan kosong dan hanya tersisa udara. Lambung dan usus yang bergerak setelah mendapat sinyal dari otak pengatur lapar akan membuat udara di dalam lambung dan usus terdorong kesana kemari. Inilah yang menyebabkan bunyi atau suara dalam perut ketika kamu sedang lapar.

Ok sobat Sok Tau, sekian dulu informasi singkat kenapa perut bisa bunyi saat lapar. Semoga artikel dari tim Sok Tau bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

 


Yuk Kasih Komentarnya...

comments