Tau Gak Kenapa Pesawat Bisa Terbang di Angkasa

Kenapa-Pesawat-Bisa-Terbang

Selama ini kita pasti sering bertanya-tanya, kenapa pesawat yang beratnya berton-ton bisa melayang di udara? Apa sih yang membuat pesawat terbang tersebut bisa melayang dan tidak jatuh? Banyak sobat Sok Tau yang mungkin belum mengetahui penjelasan kenapa pesawat bisa terbang, yuk baca terus.

Pada jaman dahulu, manusia beranggapan bahwa untuk bisa terbang di udara, kita harus seperti burung yang punya sayap yang bisa dikepakkan. Tapi tidak seperti itu. Orang yang pertama kali menciptakan pesawat terbang terinspirasi dengan burung yang mengepakkan sayapnya ketika terbang. Pesawat ditambahkan sayap, tapi tidak untuk dikepak-kepakkan seperti burung.

Artikel lain: Bagaimana cara kerja oven microwave

Sayap pada pesawat berfungsi untuk membuat perbedaan kecepatan angin di atas badan pesawat dan juga di bawah badan pesawat. Kecepatan angin di bawah badan pesawat lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan angin di atas pesawat. Beberapa hambatan akan dihadapi oleh pesawat ketika akan terbang. Diantara hambatan ini adalah udara, beban berat badan pesawat, dan juga beban hambatan saat melawan angin. Itulah sebabnya pesawat dirancang sedemikian rupa untuk memperkecil hambatan-hambatan tersebut.

Ada empat gaya yang bekerja pada saat pesawat sedang melakukan penerbangan. Gaya yang pertama adalah gaya angkat atau gaya ke atas. Gaya kedua adalah gaya ke bawah atau gaya berat. Gaya yang ketiga adalah gaya dorong atau gaya maju. Dan gaya keempat adalah gaya hambatan atau gaya ke belakang.

Gaya dorong/ maju dan gaya angkat adalah kunci keberhasilan sebuah penerbangan. Gaya ini diperhitungkan sedemikian rupa untuk mengatasi gaya berat dan gaya hambatan yang dialami oleh pesawat tersebut. Gaya dorong akan membawa pesawat maju ke arah depan, dan gaya ini didapatkan dari putaran baling-baling mesin atau dorongan mesin jet. Gaya-gaya yang disebutkan inilah yang bisa membuat pesawat dapat terbang di angkasa.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa pesawat bisa terbang di angkasa. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Pesawat Bisa Terbang di Angkasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - November 13, 2013