Tau Gak Kenapa Planet Berbentuk Bulat

planet-berbentuk-bulat

Seperti bentuk bumi yang kita lihat selama ini, planet-planet yang ada di ruang angkasa juga berbentuk bulat. Misalnya planet Mars, Venus, Jupiter, semua planet ini berbentuk bulat. Kenapa sih, planet tersebut berbentuk bulat? Kenapa tidak berbentuk segitiga atau persegi? Baca terus ya.

Salah satu alasan kenapa kita bisa menyimpulkan bahwa planet itu berbentuk bulat adalah karena kebiasaannya yang punya rotasi dan berevolusi terhadap matahari. Bahkan para peneliti yang mengambil dokumentasi foto dari luar angkasa telah membuktikan bahwa bumi dan planet lainnya berbentuk bulat.

Artikel lain: Kenapa bintang tampak berkedip

Planet-planet lain sama juga dengan bumi, bentuknya bulat. Namun, setiap planet ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, misalnya planet Jupiter yang ukurannya adalah yang paling besar dibanding planet yang lain. Lalu kenapa planet-planet ini berbentuk bulat?

Bentuk planet bulat karena adanya medan gravitasi di dalamnya dan berpusat pada ini poros masing-masing planet. Planet tersebut memiliki perilaku seperti air, yang dalam jangka waktu tertentu akan mengalami gaya gravitasi dan tertarik ke pusat gravitasinya.Proses penarikan ini kemudian memaksa planet tersebut menjadi berbentuk bulat dan menarik semua massa mendekati pusat gravitasinya. Proses ini disebut dengan “Isostatic Adjustment” atau penyesuaian isostatik.

Asteroid tidak seperti planet. Asteroid ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan gaya gravitasi di dalamnya jauh lebih lemah. Kekuatan mekanik asteroid yang lebih besar dari gaya gravitasi membuat tubuh asteroid memusatkan massa ke pusat gravitasinya. Inilah yang membuat asteroid tidak berbentuk bulat, namun berbentuk tidak teratur dan terpisah-pisah.

Demikianlah penjelasan singkat kenapa planet berbentuk. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat buat kamu. Jangan lupa untuk like dan membagi informasi ini pada teman-teman kamu ya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tau Gak Kenapa Planet Berbentuk Bulat, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Penulis : - July 21, 2013